Breaking News:

DPRD Pekanbaru

DPRD Pekanbaru Beberkan Kenapa Jalan Rusak Belum Diperbaiki, Ternyata Ini Masalahnya

Sejumlah jalan di Kota Pekanbaru, kini banyak yang bertambah rusak hingga menjadi sorotan DPRD Pekanbaru.

Penulis: Syafruddin Mirohi | Editor: Ariestia
Tribun Pekanbaru/Doddy Vladimir
Sejumlah jalan di Kota Pekanbaru, kini banyak yang bertambah rusak hingga menjadi sorotan DPRD Pekanbaru. FOTO: Pengendara kendaraan melintasi jalan rusak yang ditandai dengan ban bekas di kawasan Jalan Srikandi, Kecamatan Bina Widya, Pekanbaru, Senin (5/4/2021). (www.tribunpekanbaru.com/Doddy Vladimir)  

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Sejumlah jalan di Kota Pekanbaru, kini banyak yang bertambah rusak hingga menjadi sorotan DPRD Pekanbaru.

Kondisi jalan rusask tersebut terjadi, di samping tingginya curah hujan belakangan ini, juga minim perbaikan dari OPD terkait.

Tidak hanya jalan, ternyata juga beberapa box culvert, banyak yang rusak berat, sehingga perlu diperbaiki segera. Belum diperbaikinya jalan dan box culvert tersebut, bukan semata-mata kesalahan Dinas PUPR Pekanbaru.

Ketua Komisi IV DPRD Pekanbaru Sigit Yuwono ST menyampaikan perihal ini.

Katanya, dari hasil koordinasi pihaknya dengan Kepala Dinas PUPR Pekanbaru Indra Pomi, bahwa perbaikan jalan rusak belum bisa dilaksanakan, karena anggaran OP (operasional) belum dicairkan BPKAD Pekanbaru. 

"Di penghujung tahun ini hanya bisa memakai dana OP. Sementara dana OP tak kunjung dicairkan BPKAD. Ini lah pengakuan PUPR kepada kita. Tentu ini sangat kita sesalkan," tegas Sigit Yuwono kepada Tribunpekanbaru.com, Minggu (12/12/2021).

Diakui Politisi Senior Partai Demokrat ini, beberapa jalan yang menjadi tanggung jawab Pemko Pekanbaru, kini memang banyak yang hancur. Perbaikan yang bisa dilakukan untuk jangka pendek, dengan perbaikan tambal sulam.

Setidaknya perbaikan jalan untuk tambal sulam itu, ada di beberapa titik. Seperti halnya Jalan Delima Panam, Jalan Paus, Jalan Suka Karya, Jalan Purwodadi, serta sejumlah ruas jalan lainnya.

Termasuk halnya box culvert yang sudah rusak berat, yang menyebabkan air melimpah ke jalan, sehingga jalan menjadi rusak.

"Kondisi ini harus kita sikapi bersama. Kepada BPKAD, kita minta segera cairkan uang OP untuk perbaikan jalan. Kasihan masyarakat, yang tentunya berpotensi menimbulkan lakalantas," pintanya.

Diakui Sigit, meski Dinas PUPR Pekanbaru bisa menjamin akan ada perbaikan jalan, namun kontraktor mengaku, tidak berani mengerjakan perbaikan jalan tersebut, sebelum turun anggaran OP.

"Untuk perbaikan jalan ini, kita tidak ada tendensi apapun. Ini demi lancarnya akses masyarakat, serta menghindari korban kecelakaan," tuturnya seraya mengharapkan, jelang akhir tahun ini, semua jalan rusak sudah diperbaiki. (Tribunpekanbaru.com/Syafruddin Mirohi).  

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved