Breaking News:

Berita Pelalawan

Kasus Korupsi APBDes Rp 1,1 M, Kejari Pelalawan Tuntut Eks Kades Hukuman Penjara dan Denda

Kejari Pelalawan menuntut eks Kades Segamai hukuman pPenjara dan denda terkait kasus korupsi APBDes Rp 1,1 M.

Penulis: johanes | Editor: Ariestia
Istimewa
Sidang perkara Tipikor APBDes Desa Segamai dengan terdakwa Rizaldi di pengadilan negeri Kota Pekanbaru beberapa waktu lalu. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PANGKALAN KERINCI - Kejari Pelalawan menuntut eks Kades Segamai hukuman pPenjara dan denda terkait kasus korupsi APBDes Rp 1,1 M.

Sidang perkara dugaan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) penyimpangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) Desa Segamai tahun 2019-2020 terus bergulir di pengadilan Tipikor Kota Pekanbaru.

Terdakwa dalam kasus ini yakni Rizaldi alias Izal yang merupakan mantan Kepala Desa (Kades) Segamai Kecamatan Teluk Meranti, Pelalawan.

Rizaldi duduk di kurs pesakitan dan menjalani persidangan untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya yang menilap APBDes Desa Segamai sela dua tahun.

Akibat perbuatannya, negara dirugikan sebesar Rp 1,1 Miliar sesuai dengan hasil penyidikan Kejaksaan Negeri (Kejari) Pelalawan.

"Untuk perkara Tipikor APBDes Segamai sudah tahap penuntutan. Kami sudah membacakan tuntutan kepada terdakwa di depan majelis hakim," kata Kasi Intelijen Kejari Pelalawan, Fuzthathul Amul Huzni didampingi Kasi Pidsus Frederic Daniel Tobing, kepada tribunpekanbaru.com, Selasa (14/12/2021).

Kasi Intel Huzni menjelaskan, sidang pembacaan tuntutan dari Jaksa Penuntut Umum (JPU) digelar 3 Desember lalu.

Sidang dipimpin majelis hakim yang diketuai Zulfadly SH MH didampingi hakim anggota Iwan Irawan SH MH dan Zulhelmi SH MH dengan panitera pengganti Amirin SH MH.

Sedangkan JPU Kejari Pelalawan Jumieko Andra SH dan Jodi Valdano SH serta penasihat hukum terdakwa Defani Lisaura Rahmadani SH MH.

Pada pokok tuntutan, JPU menyatakan jika terdakwa Rizaldi terbukti secara sah dan menyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi dengan tujuan menguntungkan diri sendiri atau orang lain atau suatu korporasi.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved