Breaking News:

Berita Siak

Diskominfo Bukittinggi Kunjungi Pemkab Siak, Lihat Pola Hubungan dengan Media Massa

Diskominfo Bukittinggi, Provinsi Sumatera Barat mengajak 43 orang awak media berkunjung ke Pemkab Siak, Rabu

Penulis: Mayonal Putra | Editor: Ariestia
Istimewa
Asisten I Setdakab Siak L Budhi Yuwono menyambut kedatangan rombongan Diskominfo Bukittinggi dan awak media di kota teduh itu, Rabu (15/12/2021) di Balai Datuk 4 Suku, kompleks perumahan abdipraja, Siak. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, SIAK - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Bukittinggi, Provinsi Sumatera Barat mengajak 43 orang awak media berkunjung ke Pemkab Siak, Rabu (15/12/2021).

Kunjungan tersebut dalam rangka Study Best Practice Pengelolaan Layanan Hubungan Media Diskominfo Kota Bukittinggi di Kabupaten Siak.

Rombongan besar tersebut dipimpin oleh Kepala Dinas Kominfo Bukittinggi Novri. Rombongan ini disambut langsung oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Setdakab Siak L Budhi Yuwono, Kepala Bidang IKPS Diskominfo Siak Paula Candra, dan Kasi Pengelolaan Kehumasan Diskominfo Siak M Rizal Affan. Pertemuan tersebut berlangsung di Balai Datuk 4 Suku, kompleks perumahan Abdi Praja, Siak.

Novri terkesan dengan penyambutan yang dilakukan Pemkab Siak. Ia mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Siak yang telah menyambut rombongan yang dipimpinnya dengan sangat baik.

"Kami sangat terkesan dengan ramahnya sambutan, seakan-akan pertemuan ini seperti pertemuan dengan teman lama, ditambah dengan suasana di Siak yang sangat luar biasa, masih asri, bersih, hijau, teratur dan juga bersihnya Kabupaten Siak,” kata Novri.

Kunjungan Diskominfo Kota Bukittinggi tersebut, bertujuan untuk berdiskusi dan bersilaturahmi dengan Pemerintah Kabupaten Siak, terkait dengan hubungan Diskominfo dengan media massa. Novri melihat hubungan Pemkab Siak dengan awak media sangat harmonis sehingga pemberitaan media tentang Siak sangat berimbang, ekspos citra positif dan kritik cukup objektif.

"Kami melihat, bahwa Kabupaten Siak mempunyai hubungan baik dengan media yang ada di Kabupaten Siak, oleh karena itu, kami ingin bertukar informasi dan pikiran terkait dengan hubungan itu. Bagaimana hubungan itu bisa terbangun dengan baik tanpa mereduksi peran dan independensi pers,” kata dia.

Sementara itu L Budhi Yuwono juga senang dengan kunjungan Diskominfo Bukittinggi. Budhi menilai Bukittinggi juga patut dikunjungi kembali oleh Pemkab Siak untuk bertukar pikiran mengenai pengelokaan pariwisata, karena semangat Pemkab Siak adalah menjadikan Siak destinasi wisata.

“Hubungan baik kami dengan media massa telah berjalan sejak awal kabupaten ini berdiri, hingga saat ini media yang sudah berbasis digital,” kata dia.

Budhi menyebut peran pers di Siak tidak pernah direduksi bahkan Pemkab Siak juga mendorong independensi pers tegak dan kebebasan pers terjadi di Siak. Terkait hubungan bisnis media yang berkaitan dengan Pemkab Siak menjadi konteks berbeda dengan produk yang dihasilkan pers.

“Kami membutuhkan media untuk mengawal pemerintahan ini, mengekspos potensi, dan memberi kritik untuk perbaikan. Di samping itu, selama tidak melanggar aturan kami juga memanfaatkan media massa untuk membantu kami menyebarkan informasi tentang program -program pemerintah dalam bentuk pariwara,” kata dia.

Selain itu, Budhi juga menyampaikan bahwa pada tahun 2016, Kabupaten Siak dicanangkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, sebagai Kabupaten Hijau.

"Untuk mendukung program Siak Hijau tersebut maupun program Pemerintah lainnya, juga dibutuhkan peran media untuk membantu mempublikasikan ataupun menyampaikan maksud dan tujuan terkait Siak Hijau serta program Pemerintah Kabupaten Siak lainnya. Jadi tujuan dari program tersebut akan tersampaikan kepada masyarakat luas, khususnya di Kabupaten Siak,” tutupnya. (tribunpekanbaru.com/mayonal putra)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved