Breaking News:

Berita Pelalawan

Curah Hujan Meningkat dan Timbulkan Genangan Air, BPBD Pelalawan Sebut Sungai Kampar Masih Aman

BPBD Pelalawan memastikan Tinggi Muka Air (TMA) Sungai Kampar dan beberapa sungai lainnya di Pelalawan masih kategori aman disaat curah hujan tinggi.

Penulis: johanes | Editor: CandraDani
Tribunpekanbaru.com/Johannes Wowor Tanjung
Genangan air muncul di komplek perkantoran Bhakti Praja Pemkab Pelalawan pada Kamis (16/12/2021) setelah diguyur hujan lebat. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PANGKALAN KERINCI- Curah hujan di Kabupaten Pelalawan dan sekitarnya terus meningkat dalam satu pekan terakhir.

Dalam sehari hujan mengguyur beberapa lokasi minimal satu kali, termasuk di Kota Pangakalan Kerinci.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pelalawan terus memantau peningkatan curah hujan yang kian intens dalam sepekan terakhir.

Kebanyakan hujan yang turun secara merata di seluruh kecamatan di Pelalawan, namun ada juga hujan hanya bersifat lokal atau di beberapa tempat.

Dari segi intensitas, mulai dari ringan sampai lebat dan waktunya yang beragam.

"Hujan mulai sering terjadi dan peluangnya tetap tinggi kedepan. Hanya saja belum ada banjir, cuma genangan air yang muncul," kata Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Pelalawan, Rudianto kepada tribunpekanbaru.com, Kamis (16/12/2021).

Rudianto memastikan Tinggi Muka Air (TMA) Sungai Kampar dan beberapa sungai lainnya di Pelalawan masih kategori aman.

Belum ada pelepasan air dari pintu waduk PLTA Koto Panjang di Kabupaten Kampar.

Daerah-daerah yang menjadi langganan banjir seperti Kecamatan Ukui, Langgam, Pangkalan Kerinci, hingga Pelalawan belum ada yang terendam banjir, khususnya di wilayah bantaran sungai.

Hanya saja, hujan menimbulkan genangan air di beberapa ruas jalan di Kota Pangkalan Kerinci.

Seperti di komplek perkantoran Bhakti Praja Pemkab Pelalawan, Jalan Lintas Timur (Jalintim), Jalan BTN Lama, dan Jalan Akasia. Ada juga genangan di pemukiman warga, perumahan, serta fasilitas umum lainnya.

Sifat genangan air hanya sementara saja dan akan mengering setelah hujan reda.

"Kita tetap meminta warga untuk selalu waspada dan mengantisipasi banjir secara bersama-sama," pungkasnya. (Tribunpekanbaru.com/Johannes Wowor Tanjung)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved