Breaking News:

12.500 Desa di Indonesia Akan Terkoneksi Jaringan 4G pada Tahun 2022

Pemerintah Indonesia targetkan 12.500 desa akan terkoneksi 4G pada 2022. Ribuan desa itu saat ini belum terkoneksi ke jaringan tersebut

Editor: Rinal Maradjo
Dukungan jaringan 4G 

TRIBUNPEKANBARU.COM, JAKARTA - Pemerintah Indonesia targetkan 12.500 desa akan terkoneksi 4G pada 2022. Ribuan desa itu saat ini belum terkoneksi ke jaringan tersebut

Dirjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Ismail mengklaim infrastruktur digital di Indonesia berkembang pesat.

"Terutama adanya pandemi Covid-19 kita menyadari aktivitas di ruang digital jadi keniscayaan dan penting ditingkatkan ini dalam rangka melakukan surviving baik itu ekonomi, kesehatan, pendidikan yang pindah ke ruang digital," ucap Ismail saat diskusi daring, Selasa (14/12/2021).

Pemerintah, ucap Ismail, melengkapi pembangunan jaringan backbonde dengan Palapa Ring, yakni jaringan yang menghubungkan seluruh ibu kota dan kabupaten di Indonesia melengkapi jaringan sebelumnya.

"Kami juga membangun atau menyiapkan rencana pembangunan satelit multifungsi. Yang akan menghubungkan 150 ribu titik layanan-layanan publik di Indonesia dengan kapasitas 150 GB per detik. Satelit akan meluncur 2023," tutur Ismail.

Selain itu, Kominfo juga menargetkan 12.500 desa yang belum 'tersentuh' internet atau belum mendapatkan jaringam yang cukup baik akan terselesaikan pada 2022.

"Tahun ini dan tahun 2022 menuntaskan 12.500 desa yang belum mendapat jaringan 4G. Infrastruktur telkomunikasi sudah cukup kuat dan menjangkau," ucapnya.

Fokusnya, menurut Ismail, adalah di daerah 3T atau Terdepan, Terpencil dan Tertinggal. Pemerintah menyiapkan daerah-daerah yang sulit dijangkau dan secara ekonomis memang kurang menjanjikan untuk mendapatkan return investasi.  ( Tribunpekanbaru.com )

Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved