Breaking News:

Berita Siak

Kafilah Siak Juara MTQ XXI Dayun, Bupati Tutup Kegiatan Secara Resmi

Kafilah Siak keluar sebagai juara I pada kegiatan MTQ XXI Dayun tingkat kabupaten Siak.

Penulis: Mayonal Putra | Editor: Ariestia
Istimewa
Bupati Siak Alfedri menyerahkan tropy bergilir kepada camat Siak karena kafilah Siak juara I pada MTQ XXI Dayun tingkat kabupaten Siak, Kamis (16/12/2021) 

TRIBUNPEKANBARU.COM, SIAK - Kafilah Siak keluar sebagai juara I pada kegiatan MTQ XXI Dayun tingkat kabupaten Siak. Kafilah andalan ini berhasil mengumpulkan nilai sebanyak 182 poin.

Setelah Siak, kafilah tuan rumah yakni kecamatan Dayun juara II dengan perolehan nilai 169 poin. Juara III diraih oleh kafilah Sungai Apit dengan perolehan nilai 160 poin. Kafilah Pusako, Minas dan Bungaraya harus menerima kekalahan berada di tiga terakhir dari 14 kafilah atau kontingen.

Pelaksanaan MTQ XXI Dayun tingkat kabupaten Siak ini berlangsung sukses, meski dalam koridor penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Semarak dan kemeriahan memang tidak terlihat karena tidak adanya penonton umum dan ditiadakan bazar serta karnaval.

Kendati demikian, tuan rumah cukup bangga bisa menggelar kegiatan dengan lancar, aman dan kondusif. Kegiatan dibuka oleh Wakil Bupati Siak Husni Merza dan ditutup oleh Bupati Siak Alfedri.

“Alhamdulillah kegiatan lancar dan sukses. Memang tidak semeriah pada sebelum Covid 19 namun tidak mengurangi makna dari penyelenggaraan MTQ ini,” kata Camat Siak Novendra Kasmara, Jumat (17/12/2021).

Kegiatan MTQ ini diselenggarakan di lapangan kampung Merangkai, Dayun. Panitia menerapkan aturan ketat terhadap para peserta dan official.

Peserta dan official diharusnya sudah vaksin dan swab antigen. Qari-qariah hanya datang ke arena pada saat bertanding saja.

“Kalau kita patuhi aturan mainnya insyaallah tidak ada klaster baru Covid 19 muncul. Seperti MTQ kali ini Alhamdulillah aman dari Covid 19,” kata dia.

Sementara itu Bupati Siak Alfedri menutup kegiatan MTQ itu secara resmi, Kamis malam. Dalam sambutannya ia mengatakan, qari-qariah harus menerapkan akhlakul karimah dan suri teladan dapam kesehariannya.

Keberhasilan pelaksanaan MTQ setiap tahun harus dilihat dari akhlakul karimah qari-qariah dalam kehidupan sehari-hari.

“Output dari MTQ ini tidaklah hanya merdunya suara saat melantunkan ayat-ayat Alquran, atau pintarnya dalam menjawab soal-soal agama, tetapi akhlakul karimah. Generasi qurani adalah generasi yang akhlaknya sesuai tuntunan Alquran Hadis,” kata dia.

Alfedri menambahkan, kafilah Siak harus kuat pada pelaksanaan MTQ Riau tahun 2022 mendatang. Ia menginginkan Siak juara I pada MTQ Riau, dengan kafilah diisi oleh anak-anak Siak.

“Jadi kuta budayakan tidak mendatangkan qari-qariah dari kabupaten lain. Kita inginkan kafilah Siak diisi oleh anak-anak Siak,” kata dia.

Pada pelaksanaan MTQ XXI Dayun ini juga diputuskan ruan rumah MTQ XXII tahun 2022. Tuan rumah MTQ tingkat kanupaten Siak pada 2022 mendatang adalah kecamatan Lubuk Dalam. (tribunpekanbaru.com/mayonal putra)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved