Breaking News:

Berita Siak

Siak Raih Penghargaan Kabupaten Terbaik dalam Penyediaan Akses Keuangan

Bupati Siak Alfedri terima penghargaan itu pada kegiatan rapat kerja nasional Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD)

Penulis: Mayonal Putra | Editor: Sesri
Istimewa
Bupati Siak Alfedri dan Kepala OJK Riau Muhammad Lutfi memegang penghargaan pada TPAKD Award 2021 di Jakarta, Kamis (16/12/2021). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, SIAK - Meski sudah di akhir tahun, Pemkab Siak masih saja terima penghargaan bergengsi.

Kali ini meraih penghargaan sebagai kabupaten terbaik dalam penyediaan akses keuangan di wilayah terpencil.

Bupati Siak Alfedri terima penghargaan itu pada kegiatan rapat kerja nasional Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD), Kamis (16/12/2021) malam. Penghargaan itu dalam rangka event TPAKD Award 2021.

"Hari ini Siak menerima penghargaan kabupaten terbaik dalam penyediaan akses keuangan. Pada Rakor TPAKD Award yang di serahkan langsung oleh Menteri Koperasi, dan UKM. Kami mengucapkan terimakasih kepada Camat dan Kampung Muara Kelantan yang mampu memberikan kemudahan bagi warganya dalam mengaksas keuangan, sehingga di tetapkan oleh OJK Propinsi Riau sebagai desa inklusi," ujar Alfedri.

Kabupaten Siak menjadi satu-satunya kabupaten di Sumatera yang mendapuk penghargaan itu. Kota Tebingtinggi yang juga dinilai baik namun masih berada di bawah kabupaten Siak.

Alfedri menjelaskan, program Desa inklusi Kampung Muara Kelantan, Kecamatan Sungai Mandau merupakan binaan OJK Riau dan kerjasama Bank Riaukepri. Tujuan program kampung inklusi keuangan ini dalam rangka mempercepat akses keuangan masyarakat kepada lembaga keuangan formal.

Baca juga: Diskominfo Siak Perkuat Lembaga Penyiarannya, Latih SDM Bidang TV dan Radio

Baca juga: Rismawati Peserta Vaksinasi Covid-19 di Siak Dapat Hadiah Sepeda Motor Hasil Undian Nomor Antrean

"Dengan program desa Inklusi ini, kita harapkan dapat mengangkat perekonomian masyarakat di daerah. Harapan kita tidak hanya di satu kampung ajak, tapi bisa diikuti kampung lain," katanya.

Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Riau Muhamad Lutfi mengatakan ditetapkanya kampung Muara Kelantan sebagai desa Inklusi butuh perjuangan panjang. Namun karena kesungguhan semua pihak, sehingga mengharumkan nama kabupaten Siak di tingkat nasional.

"Alhamdulillah, kabupaten Siak terpilih sebagai desa terpencil yang tingkat inklusinya tinggi dari seluruh kabupaten yang ada Riau. Kabupaten Desa Muara Kelantan itu tingkat inklusinya 70 persen di atas kabupaten lain," kata Dia.

Ia mengatakan, OJK Riau mendorong desa lain, yang ada di Riau agar meningkatkan aksen keuangannya. Harapannya bisa meningkatkan ekonomi di daerah.

"Makanya Award tadi sebagai desa terpencil yang tingkat inklusinya tinggi. Ini satu apresiasi yang luar biasa, kami dari OJK Riau mendorong untuk di cangkok dan diterapkan di desa -desa lain yang ada di Riau," ucapnya.

( Tribunpekanbaru.com /mayonal putra)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved