Breaking News:

Berita Bengkalis

Siap-siap, Mulai 22 Desember Akan Ada Pengetatan Masuk Pulau Bengkalis Melalui Jalur Laut

Mulai 22 Desember akan ada pengetatan masuk ke Pulau Bengkalis melalui jalur laut.

Penulis: Muhammad Natsir | Editor: Ariestia
Istimewa
Mulai 22 Desember 2021 akan ada pengetatan masuk ke Pulau Bengkalis melalui jalur laut. FOTO: Penumpang dari Batam tiba di Pelabuhan BSL Bengkalis, Senin (20/12/2021) siang. 

TRIBUBNPEKANBARU.COM, BENGKALIS - Mulai 22 Desember 2021 akan ada pengetatan masuk ke Pulau Bengkalis melalui jalur laut.

Dinas Perhubungan Bengkalis memastikan akan melakukan pengetatan pintu masuk melalui jalur laut di wilayah Bengkalis selama Natal dan Tahun baru (Nataru) mendatang.

Posko pengawasan akan didirikan di pelabuhan Bandar Sri Laksamana (BSL) Bengkalis dan Pelabuhan RoRo Sungai Selari mulai tanggal 22 Desember mendatang.

Hal ini diungkap Plt Kepala Dinas Perhubungan Bengkalis Djamaluddin kepada tribunpekanbaru.com, Senin (20/12/2021) siang.

Menurut dia untuk penumpang dari Batam baik melalui kapal ferry di Pelabuhan BSL Bengkalis, maupun yang masuk melalui Kapal RoRo dari Kepulauan Riau di Pelabuhan Sungai Selari wajib memiliki surat rapid antigen.

"Nanti di dua pintu masuk dari Kepri itu akan kita tempatkan petugas dari Dishub dan stakeholder terkait. Mereka akan melakukan pemeriksaan surat antigen dan bukti vaksin penumpang yang datang," tambahnya.

Menurut dia, aturan antigen wajib selama Nataru untuk mereka yang datang dari luar Riau. Selain itu juga di posko pelabuhan RoRo pihaknya juga rencananya menempatkan posko vaksinasi.

"Ketika diketahui atau didapatkan ada penumpang yang belum vaksin. Nanti akan kita minta vaksin ditempat," terangnya.

Sementara Kepala UPT Pelabuha BSL Bengkalis membenarkan rencana akan dilakukan pengetatan masuk Bengkalis dari Batam. Jika sebelumnya rapid antigen hanya diperuntukkan untuk yang baru vaksin pertama, selama Nataru seluruhnya wajib antigen.

"Kalau hari ini pemeriksaan masih berjalan normal. Aturan pengetatan akan dilakukan mulai tanggal 22 Desember mendatang," terangnya.

Pengetatan pintu masuk pelabuhan laut ini sesuai dengan surat edaran Kementerian Perhubungan Laut. Mulai tanggal 22 Desmber berlaku hingga 2 Januari tahun depan.

Sementara itu, meskipun akan ada pengetatan penggunaan transportasi laut selama Nataru ini, hingga saat ini jumlah penumpang yang masuk ke Bengkalis masih seperti biasa. Ada peningkatan namun tidak begitu signifikan.

"Seperti siang ini tiga kapal yang masuk yakni Dumai Line 8, Dumai Line 12 dan Batam Jet. Untuk Dumai Line 8 penumpang yang masuk sebanyak 32 orang, Dumai Line 12 sebanyak 21 orang.

"Sedangkan Batam Jet yang datang siang tadi hanya membawa sepuluh penumpang 10 orang," tandasnya.(Tribunpekanbaru.com/Muhammad Natsir)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved