Breaking News:

DPRD Pekanbaru

Ketua Fraksi Demokrat DPRD Pekanbaru Desak PDAM Segera Selesaikan Pipa yang Rusak

Tidak hanya galian IPAL, masyarakat Kota Pekanbaru belakangan ini juga mengeluhkan galian PDAM.

Penulis: Syafruddin Mirohi | Editor: Ariestia
TribunPekanbaru/Theo Rizky
Tidak hanya galian IPAL, masyarakat Kota Pekanbaru belakangan ini juga mengeluhkan galian PDAM. FOTO ILUSTRASI: Sejumlah pengendara melewati bekas galian pipa PDAM di tengah Jalan Melur, Pekanbaru, Kamis (14/1/2016). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Tidak hanya galian IPAL, masyarakat Kota Pekanbaru belakangan ini juga mengeluhkan galian PDAM.

Beberapa titik PDAM di Kota Pekanbaru, menjadi keresahan masyarakat, bahkan hingga kini sebagian masyarakat terpaksa membeli air galon.

Legislator di Gedung Payung Sekaki DPRD Pekanbaru, kembali merespon ikhwal ini. Ketua Fraksi Demokrat DPRD Pekanbaru Aidil Amri S Sos kini, justru mempertanyakan kinerja PDAM Tirta Siak.

Seharusnya PDAM yang kini sedang bekerja mengganti pipa saluran, punya standar pekerjaan yang jelas. Artinya, PDAM punya sejumlah planning, jika memang terjadi persoalan di lapangan.

Seperti halnya pipa pecah, yang mengakibatkan air terputus mengalir ke rumah warga. Sehingga warga tidak bisa menikmati air yang selama ini mengandalkan pasokan dari PDAM. Termasuk planning lainnya, yang tujuannya membantu masyarakat.

"Tentu kita sayangkan kondisi sekarang. Masyarakat jadi susah dibuatnya. Kalau alasannya karena galian IPAL, kan PDAM punya tenaga ahli. Tidak menunggu berminggu-minggu baru selesai," tegas Aidil Amri kepada Tribunpekanbaru.com, Selasa (21/12/2021).

Anggota Komisi I DPRD Pekanbaru ini mengaku miris, melihat kondisi masyarakat yang susah mendapatkan air bersih. Terutama masyarakat di wilayah Sukajadi dan Payung Sekaki.

Bahkan legislator dua periode ini mendesak pimpinan PDAM Tirta Siak yang sekarang ini, untuk menyelesaikan persoalan ini. Jangan ada alasan karena persoalan lain, yang mengakibatkan air terputus masuk ke rumah warga.

"Jika memang tidak mampu, kita usulkan kepada Walikota Firdaus MT, agar mengganti pimpinan PDAM Tirta Siak ini. Karena dinilai tak bisa bekerja," pinta Politisi senior ini lagi.

Lebih lanjut disampaikan, kepada warga yang merasa rugi akibat kinerja PDAM ini, bisa melaporkan langsung kepada Pemko dan DPRD, supaya bisa ditindaklanjuti secara resmi.

"Dalam hal ini, kita tidak ada kepentingan apapun. Ini semata-mata hanya untuk kepentingan masyarakat banyak, bahwa mereka bisa menikmati air bersih dari PDAM ini. Kami wakil rakyat, sudah seharusnya memperjuangkan hak rakyat," akunya. (Tribunpekanbaru.com/Syafruddin Mirohi).

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved