Breaking News:

Distop Polisi Ditanya Udah Vaksin? Belum, Belasan Warga Langsung Divaksin Habis Itu Diberi 'Hadiah'

Pemeriksaan acak itu hanya berlangsung kurang dari satu jam. Namun, petugas telah menemukan 20 orang yang belum divaksin Covid-19.

Editor: CandraDani
KOMPAS.COM/ASIP HASANI
Polisi lalu lintas Polres Blitar menghentikan pengguna jalan yang melintas di Jalan Kusumabangsa, Kanigoro, Kabupaten Blitar, Jumat (24/12/2021) guna mencari warga yang belum divaksin. 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Blitar, Jawa Timur menggelar pemeriksaan acak kepada pengendara yang melintas di Jalan Kusumabangsa, tepatnya di depan Kantor Pemerintah Kabupaten Blitar di Kecamatan Kanigoro, Jumat (24/12/2021) pagi.

Pemeriksaan acak di depan Pos Pengamanan Natal dan Tahun Baru itu hanya berlangsung kurang dari satu jam.

Namun, petugas telah menemukan 20 orang yang belum divaksin Covid-19.

Kepala Satlantas Polres Blitar AKP I Putu Angga Feriyana mengatakan, pengguna jalan yang kedapatan belum divaksin digiring ke pos untuk mendapatkan suntikan vaksin Sinovac.

"Tapi dari 20 warga itu terdapat dua orang yang tidak dapat disuntik vaksin karena menderita penyakit diabetes," kata Putu kepada wartawan di lokasi, Jumat.

Putu mengatakan, kegiatan tersebut merupakan bagian dari Operasi Lilin Semeru 2021 yang bertujuan untuk mengingatkan masyarakat tentang pentingnya melindungi diri dari ancaman Covid-19 melalui vaksin.

"Jadi selain membantu target capaian vaksinasi yang dikejar pemerintah daerah, pemeriksaan acak pengguna jalan ini juga merupakan bentuk kampanye vaksin," ujarnya.

Setelah disuntik vaksin Covid-19, 18 orang itu mendapat paket bantuan berupa telur sekitar setengah kilogram dan beberapa lembar masker.

Mereka juga langsung mendapatkan sertifikat vaksin Covid-19 sebagai bukti telah divaksin.

Putu mengatakan, pemeriksaan acak terhadap pengguna jalan itu akan dilaksanakan hingga berakhirnya Operasi Lilin Semeru pada 2 Januari 2022 nanti.

Polisi lalu lintas Polres Blitar memberikan sertifikat vaksin dan paket bantuan telur kepada warga pengguna jalan yang terjaring operasi dan bersedia disuntik vaksin di Pos Pengamanan Natal dan Tahun Baru di Kanigoro, Kabupaten Blitar, Jumat (24/12/2021)
Polisi lalu lintas Polres Blitar memberikan sertifikat vaksin dan paket bantuan telur kepada warga pengguna jalan yang terjaring operasi dan bersedia disuntik vaksin di Pos Pengamanan Natal dan Tahun Baru di Kanigoro, Kabupaten Blitar, Jumat (24/12/2021) (KOMPAS.COM/ASIP HASANI )

Opsi penyekatan jalan

Meski secara umum tidak akan dilakukan penyekatan jalan selama operasi, Satlantas Polres Blitar masih membuka opsi penyekatan dan pengalihan arus lalu lintas.

Penyekatan dan pengalihan arus itu didasarkan pada situasi di lapangan, terutama menjelang momen pergantian tahun setelah Hari Raya Natal nanti.

"Misalnya jalur menuju ke pantai akan kita monitor terus. Jika terjadi kepadatan lalu lintas maka akan kita tutup atau kita batasi," kata Putu.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved