Breaking News:

Berita Riau

Gajah Liar Masuk Kebun Warga di Kampar, BBKSDA Riau Usir dengan Cara Ini

Gajah liar masuk ke perkebunan dan peternakan ayam di Desa Karya Indah, Kecamatan Tapung, Kabupaten Kampar, Riau

Penulis: Rizky Armanda | Editor: Nurul Qomariah
Istimewa/kompas.com/CITRA INDRIANI
Ilustrasi gajah liar. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Gajah liar masuk ke perkebunan dan peternakan ayam di Desa Karya Indah, Kecamatan Tapung, Kabupaten Kampar.

Setelah menerima informasi dari warga soal kedatangan gajah liar itu, petugas Balai Besar Konservasi dan Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau bergerak ke lokasi.

Tim penanganan konflik satwa liar BBKSDA Riau, melakukan penggiringan gajah liar, agar keluar dari kebun warga.

Posisi gajah liar, berada di KM 8, di belakang Pondok Pesantren Umar Bin Khattab, masih di wilayah Desa Karya Indah.

"Tim penanganan konflik satwa liar dalam pengusiran ini tim bersama anggota Desa Karya Indah dan beberapa orang warga pemilik kebun, melakukan penggiringan dengan membunyikan mercon," kata Plh Kepala BBKSDA Riau, Hartono, Senin (27/12/2021).

Selain itu disebutkannya, tim bersama warga juga membuat api unggun di lokasi gangguan, agar kawanan gajah liar bergerak keluar dari kebun-kebun warga.

"Sampai dengan pukul 01.20 WIB dini hari, tim penanganan konflik masih di lokasi melakukan penjagaan mendampingi warga pemilik atau penjaga kebun," jelas Hartono.

Sebelumnya, warga Desa Karya Indah, Kecamatan Tapung, Kabupaten Kampar, dihebohkan dengan kawanan gajah yang masuk dan merusak perkebunan, Minggu (26/12/2021) malam.

Seorang penjaga kebun di KM 9, Bil menyebutkan seekor gajah dewasa berupaya masuk ke kandang peternakan ayam yang ada di kawasan kebun di sana.

Bahkan gajah itu merobohkan hampir sekeliling pagar kebun.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved