Breaking News:

Beberapa Wilayah Masih Terendam, BPBD Riau Dirikan Posko Bantuan Banjir di Rokan Hulu

Dua kecamatan di Rokan Hulu, yakni Kepenuhan dan Tandun masih terendam air setinggi lutut hingga Selasa (28/12/2021), BPBD propinsi mendirikan posko.

Penulis: Syaiful Misgio | Editor: CandraDani
ISTIMEWA
Warga dievakuasi ke daerah yang lebih aman. Banjir di Rohul rendam 287 KK akibat hujan lebat dan meluapnya Sungai Batang Lubuh. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Banjir yang terjadi di sejumlah desa di Kabupaten Rokan Hulu mulai berangsur surut. Sebelumnya ‎tinggi banjir setinggi lutut orang dewasa. Namun di beberapa lokasi di Rohul banjir masih menggenangi rumah warga.

"Banjir Rohul sebagai wilayah sudah surut, seperti di kota Pasir Pangaraian dan Rambah sudah dibersihkan sampah dan lumpur-lumpurnya. Tapi laporan hari ini ada dua kecamatan yakni Kepenuhan dan Tandun terendam banjir setinggi lutut," kata Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau, M Edy Afrizal, Selasa (28/12/2021).

‎Pihaknya sudah mendirikan posko bantuan korban banjir di dua kecamatan tersebut.

Namun, sejauh ini belum ada warga yang mengungsi.

Saat ini pihaknya masih menghimpun data jumlah warga yang terdampak banjir itu.

"Tenda pengungsian belum ada. Kalau posko bantuan dan dapur umum sudah kita dirikan," sebutnya.

Tim gabungan saat mengevakuasi warga terdampak banjir di Kota Pasir Pengaraian, Rokan Hulu, Riau, Sabtu (25/12/2021).
Tim gabungan saat mengevakuasi warga terdampak banjir di Kota Pasir Pengaraian, Rokan Hulu, Riau, Sabtu (25/12/2021). (istimewa)

Edy Afrizal menyampaikan, banjir di Rohul disebabkan naiknya sungai setempat ke permukaan.

Hal ini karena tingginya intensitas curah hujan di hulu.

"Curah hujan di hulu tinggi, makanya air permukaan sungai naik dan menggenangi pemukiman warga. Kita perkirakan, kemungkinan di daerah Bonai Darussalam. Karena bergeser terus dari mulai Pasir Pangaraian, Rambah, Kepenuhan dan Tandun, bisa saja beberapa hari lagi muaranya ke Bonai," katanya.

Edy mengatakan, sebelumnya banjir yang sempat merendam ratusan rumah warga dan memutus akses jalan tersebut merupakan luapan air sungai Batang Lubuh.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved