Breaking News:

Harga Emas Turun Dibanding, Kekhawatiran Covid-19 Varian Omicron Disinyalir Jadi sebab

Harga Emas hari ini tergelincir dari hari sebelumnya, berkemungkinan besar karena pengaruh pasar khawatir merebaknya Covid-19 varian Omicron.

Editor: Ilham Yafiz
Tribunnews.com
Ilustrasi emas antam 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Harga Emas hari ini tergelincir dari hari sebelumnya, berkemungkinan besar karena pengaruh pasar khawatir merebaknya Covid-19 varian Omicron.

Meredanya kekhawatiran terhadap merebaknya Covid-19 varian Omicron dan adanya data mendorong penjualan ritel Amerika Serikat selera investor pada aset berisiko.

Imbasnya, harga emas kini tergelincir dari posisi tertinggi satu minggu dalam perdagangan tipis pada hari ini.

Selasa (28/12) pukul 11.00 WIB, harga emas spot turun 0,1% ke US$ 1.808,91 per ons troi, setelah mencapai tertinggi sejak 17 Desember pada hari Senin (27/12/2021).

Sementara itu, harga emas berjangka untuk kontrak pengiriman Februari 2022 naik 0,1% ke US$ 1.810,00 per ons troi.

"Ada kurangnya partisipasi. Jadi, sedikit korelasi lintas pasar akan membuat pasar bergerak," kata Stephen Innes, Managing Partner di SPI Asset Management.

"Apa inti dari argumennya, dan mungkin membatasi momentum kenaikan emas, adalah suku bunga riil, yang bisa naik saat ekonomi pulih dari slip kecil yang mereka alami di Omicron," lanjut Innes.

Bursa Asia naik, bergerak dalam slipstream dari rekor hari lain yang dicetak Wall Street di tengah angka ritel yang kuat. Sementara aset safe-haven seperti yen melemah karena para pedagang tetap menggunakan mata uang dan kelas aset yang lebih berisiko seperti ekuitas.

Selain itu, harga minyak mentah menguat karena ekspektasi varian Omicron hanya akan berdampak terbatas pada permintaan global.

Dolar AS, juga dipandang sebagai tempat berlindung yang aman, merosot di dekat ujung bawah kisaran perdagangan baru-baru ini terhadap sekeranjang mata uang lainnya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved