Breaking News:

Berita Siak

Jumono Hibahkan Tanah, Kini Telah Berdiri Puskesmas, Prihatin Warga Sulit Dapat Akses Kesehatan

Prihatin dengan kondisi kampungnya yang tak punya fasilitas kesehatan, Juwono warga Kampung Belutu Siak hibahkan tanah, kini sudah berdiri puskesmas

Penulis: Mayonal Putra | Editor: Nurul Qomariah
TRIBUNPEKANBARU.COM/MAYONAL PUTRA
Bupati Siak Alfedri dan Pak Jumono menggunting pita peresmian pemakaian Puskesmas Kampung Belutu, Jumat (24/12/2021). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, SIAK - Mulia sekali hati Jumono, warga Kampung Belutu, Kecamatan Kandis, Kabupaten Siak, Riau. Pada saat orang berebut mendapatkan tanah, Pak Jumono justru menghibahkan tanahnya kepada pemerintah.

“Jika ada ibu-ibu mau melahirkan, atau tiba-tiba ada warga sakit mendadak itu semua orang repot, cemas dan khawatir berlebihan,” kata Jumono, Senin (27/12/2021).

Perihal itu sering terjadi, sejak sudah lama sekali. Kepada pemerintah, warga di Kampung Belutu dan sekitarnya hanya berharap dibangunkan puskesmas kalau belum mungkin rumah sakit.

Sebab, kampung itu sangat jauh dari pusat Kecamatan Kandis, tempat segala fasilitas ada.

“Kampung kami ini jauh dari puskesmas, jauh dari rumah sakit, sedangkan masyarakat sangat banyak di sini,” tambah Jumono.

Tidak hanya masalah jarak tempuh yang jauh ke pusat kecamatan, jalan yang ditempuh pun tidak semulus jalan perkotaan.

Warga harus mengarungi kendaraanya di jalan-jalan perkebunan kelapa sawit.

Bagi yang tidak biasa menempuh jalan menuju kampung Belutu, sesekali datang dari Kandis ke Belutu akan merasakan suasana jalan yang mencekam, buruk dan sangat sepi.

“Jalannya jalan tanah perkebunan, kiri kanan sepanjang mata memandang adalah pohon kelapa sawit. Bila malam, jalan itu sangat gelap,” kata dia.

Merasakan fenomena itu, Jumono tidak tinggal diam. Ia menghibahkan tanah miliknya seluas lebih 1 Ha ke pemerintah agar dibangun Puskesmas di sana.

Kemulian hati Juwono itu disambut baik oleh Pemkab Siak.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved