Breaking News:

Berita Kampar

PTUN Gugurkan Pemecatan Sepihak Kadus di Objek Wisata Pulau Cinta Kampar

PTUN Pekanbaru akhirnya menggugurkan pemecatan Kepala Dusun III Teluk Jering, objek wisata Teluk Cinta Kampar

Penulis: Fernando Sihombing | Editor: Nurul Qomariah
TRIBUNPEKANBARU.COM/FERNANDO SIHOMBING
Putusan PTUN Pekanbaru terhadap perkara pemecatan Kadus III Teluk Jering pada layar yang dibacakan secara daring, Rabu (29/12/2021). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, KAMPAR - Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Pekanbaru akhirnya menggugurkan pemecatan Kepala Dusun III Teluk Jering Desa Teluk Kenidai, Kecamatan Tambang, Fauzi. Putusan Majelis Hakim dibacakan secara daring, Rabu (29/12/2021).

Kepala Dusun yang di dalamnya terdapat Objek Wisata Pulau Cinta itu, melayangkan gugatan melawan pemecatannya yang dituding sepihak oleh penjabat kepala desa setempat.

Sebelumnya oleh laporan Camat Tambang, Abukari ke Pemerintah Kabupaten Kampar, Kades Budi Setiawan dinonaktifkan dan mengangkat Pj Kades, Mas'ud.

Fauzi dibela oleh 13 pengacara. Tim kuasa hukum dipimpin oleh Asep Ruhiat, bersama rekan di antaranya, Artion, Amran, Ahmad Razali dan Mahatir.

Majelis Hakim membatalkan Surat Keputusan Pj Kades tanggal 4 Agustus 2021 tentang Pemberhentian Fauzi. Hakim juga memerintahkan Pj Kades mencabut SK tersebut, lalu mendudukkan Fauzi kembali sebagai Kadus III Teluk Jering.

Asep Ruhiat mengucap syukur atas putusan tersebut. Ia mengaku sejak awal sudah optimis dengan gugatan tersebut dapat melawan kesewenangan Pj Kades terhadap Kadus.

Menurut dia, ketimpangan pemecatan Kadus itu telah dibuktikan dalam persidangan.

"Syukur Alhamdulillah. Hakim sudah memutus sesuai fakta persidangan," ungkapnya kepada Tribunpekanbaru.com, Rabu siang.

Asep mengungkap motivasi membela Fauzi karena untuk melawan ketidakadilan. Ia mengatakan, Kepala Dusun hanyalah perangkat pemerintahan di tingkat bawah.

"Kita dan teman-teman termotivasi untuk membela orang kecil. Kita ingin mengingatkan agar jangan semena-mena kepada orang kecil," ucap Asep.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved