Breaking News:

Sosialisasi Bahaya Gadget Secara Fisik dan Psikis Untuk Siswa SMAN 4 Tanah Putih Rokan Hilir

Kecanduan teknologi bisa diartikan sebagai hasrat yang tidak terkendali untuk menggunakan internet dan perangkat elektronik lainnya

Editor: Sesri
Istimewa
Sosialisasi Bahaya Gadget Secara Fisik dan Psikis Untuk Siswa SMAN 4 Tanah Putih Rokan Hilir 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Penggunaan gadget pada remaja tampaknya kini menjadi hal yang biasa. Apalagi teknologi dan internet yang ada juga bisa membantu remaja untuk belajar dan mengerjakan tugas sekolahnya. Namun, kebanyakan di antara mereka kini tidak bisa jauh dari gadget. Alhasil, hal ini menyebabkan banyak sekali efek negatif yang perlu orangtua ketahui.

Kecanduan teknologi bisa diartikan sebagai hasrat yang tidak terkendali untuk menggunakan internet dan perangkat elektronik lainnya sehingga menghambat kehidupan sehari-hari seseorang.

Ini adalah istilah kolektif untuk kecanduan internet, penggunaan media sosial yang berlebihan, kecanduan video game, pornografi, perjudian online, dan penggunaan berlebihan smartphone dan gadget lainnya.

Kecanduan teknologi dan internet pada remaja bisa berdampak jauh baik pada diri mereka sendiri atau pada keluarganya. Remaja dengan kecanduan teknologi dapat mengalami masalah kesehatan fisik dan psikologis.

Harapannya dengan sosialisasi yang diberikan kepada siswa dapat menyadarkan siswa akan bahaya gadget bagi psikologi siswa baik untuk kesehatan dan dapat berdampak pada diri mereka sendiri atau pada keluarganya.

Menurut Erin O’Loughlin, seorang psikolog masalah kesehatan di Concordia University, Kanada, ada alasan lain di luar penggunaan gadget berlebih yang mampu membuat anak dan remaja cenderung kurang gerak. Beberapa di antaranya adalah berkurangnya kesempatan untuk bermain di luar ruangan, aktivitas di sekolah yang cenderung banyak duduk, dan beban pelajaran di sekolah yang membuat remaja terpaksa mengurangi waktu olah tubuhnya. Ini belum termasuk pilihan transportasi bermotor dibandingkan dengan bersepeda atau berjalan kaki.

Bahaya gadget bagi psikologi remaja perlu disosialisasikan, ditekankan kepada anak remaja dan anak muda jaman sekarang. Sebagaimana telah diketahui bahwa banyak anak remaja atau anak muda kecanduan gadget, sehingga banyak sebagai perilaku keterikatan atau ketergantungan terhadap gadget yang memungkinkan menjadi masalah sosial seperti halnya menarik diri, dan kesulitan dalam performa aktivitas sehari- hari atau sebagai gangguan kontrol.

Siswa SMA berusia antara 13-17 tahun, perlu pengetahuan tentang bahaya gadget sehingga siswa mengenal perilaku penggunaan ponsel secara berlebihan yang dapat dianggap sebagai gangguan kontrol impulsif yang tidak memabukkan dan mirip dengan judi patologis. Sehingga dengan mengetahui bahaya gadget siswa dan mengontrol diri dalam menggunakan gadget.

Solusi yang ditawarkan untuk mengatasi permasalahan yaitu dengan mengadakan kegiatan atau sosialisasi bahaya gadget bagi psikologi remaja dan fisik sehingga siswa/siswi di SMAN 4 dapat mengendalikan diri dalam penggunaan gadget dan harapan nantinya siswa dapat menyadari mengenai bahaya gadget. Dimana sosialisasi tersebut disampaikan oleh Dosen FKIP Biologi UIR Sepita Ferazona, S.Pd., M.Pd.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved