Breaking News:

Berita Kampar

Jabatan Kades Baru Lowong Karena Pelantikan Ditunda, Pemkab Kampar Tetap Hargai PTUN

Pelantikan Kades Baru Kampar terpilih ditunda karena penetapan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN)

Penulis: Fernando Sihombing | Editor: Nurul Qomariah
Tribun Pekanbaru/Fernando Sihombing
Pelantikan 95 Kades oleh Bupati Kampar tapi ada 2 Kades terpilih ditunda termasuk Kades Baru karena penetapan PTUN. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, KAMPAR - Jabatan Kepala Desa Baru Kecamatan Siak Hulu kini lowong. Ini karena pelantikan kades terpilih, M Haris CH ditunda, Rabu (22/12/2021) lalu.

Haris adalah calon Kades petahana. Kepala Bidang Pembinaan dan Pengawasan Pemerintahan Desa, Zamhur mengungkapkan, masa jabatan Haris telah berakhir per 1 Desember 2021 lalu.

Sejak masa jabatan berakhir, jabatan Kades yang lowong digantikan oleh Camat Siak Hulu.

"Pj (Penjabat Kades Baru) Camat (Siak Hulu) langsung," ungkap Zamhur kepada Tribunpekanbaru.com, Kamis (30/12/2021).

Zamhur tidak dapat memberi penjelasan terkait nasib Kades Baru defenitif. Ia mengatakan, pelantikan Kades terpilih ditunda karena penetapan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN).

"Apakah akan dilantik atau seperti apa nantinya, itu kewenangan Tim Fasilitasi (Penyelesaian Perselisihan Hasil Pilkades) kabupatenlah," kata Zamhur.

Penetapan penundaan diketuk oleh Majelis Hakim PTUN pada 8 Desember 2021. Penetapan ini mengabulkan gugatan perselisihan Pemilihan Kepala Desa Baru yang diajukan kandidat bernama Ahmad Jais pada 1 Desember 2021.

Lewat Kuasa Hukumnya, Jais menarik Panitia Pilkades tingkat kabupaten dan Panitia Pemilihan tingkat desa masing-masing sebagai Tergugat I dan II. Jais memohon penundaan penyelenggaraan Pilkades Baru sampai perkara ini berkekuatan hukum tetap dan mencabut penetapan Calon Kades terpilih oleh Panitia Pemilihan tingkat desa.

Selain itu, ia juga menuntut pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU). Tak tanggung-tanggung, ia bahkan memohon Majelis Hakim memutuskan agar M. Haris CH. didiskualifikasi dari calon Kades.

Majelis Hakim mengabulkan permohonan penundaan tersebut. Tersisa permohonan diskualifikasi pencalonan M. Haris CH. yang belum dijawab hakim dalam putusannya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved