Breaking News:

Bangkit dari Pandemi, PLN Merajut Impian Okura Menuju Desa Wisata

Dengan bantuan itu, Asril bersama teman-temannya sangat terbantu dalam mengembangkan wisata mangrove okura.

Tribunpekanbaru.com
Desa Okura, destinasi wisata yang saat ini berkembang di Kota Pekanbaru. Kehadiran PLN melalui CSR nya, mengakselerasi pembangunan di sini. PLN membantu Taman Bunga Impian Okura, Wisata Mangrove Okura serta budidaya ikan lele di tepian Sungai Siak. 

TRIBUNPEKANBARU.COM - PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) menunjukkan komitmen sebagai BUMN yang peduli terhadap masyarakat di tengah hantaman pandemi. Salah satunya melalui penyaluran tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR).

Di Desa Okura Kelurahan Tebing Tinggi Okura, Kecamatan Rumbai Timur, Kota Pekanbaru, PLN membangun semangat itu dengan menerapkan nilai-nilai Community relation, Community Services, Community Empowering dan Pelestarian alam.

“Kehadiran PLN di tempat kami (Okura) sangat membantu. Khusus untuk Taman Bunga impian Okura, kita telah dibantu sejak tahun 2019 hingga sekarang melalui anak perusahaan PLN, PT PJB,” kata Ketua Pokdarwis Taman Bunga Impian Okura, Muslim.

Jika dulu pengunjung hanya menikmati ragam jenis tanaman bunga, kini taman ini dibekali berbagai fasilitas; gazebo, musholla, spot foto dan spot memancing hingga lokasi berkemah.

Perkembangan itu tak luput dari komitmen PT PJB memberdayakan masyarakat tempatan. Mengingat pembangkit listrik berteknologi CFB Boiler yang berkapasitas 2 x 110 MW ini beroperasi di seberang Desa Okura.

Seiring berjalannya waktu, Taman Bunga Impian Okura menjadi destinasi masyarakat untuk berwisata. Setiap bulan, ratusan pengunjung mendatangi lokasi yang menawarkan lanskap yang masih asri, jauh dari hiruk pikuk dan kemacetan serta polusi udara.

“Juga, membuka peluang penghasilan tambahan bagi warga dengan berjualan di lokasi ini,” kata Dia kepada tribunpekanbaru.com, Jumat (24/12/2021).

Bagi Muslim, program CSR PT PJB ini membantu dirinya mewujudkan impian bahwa jauh dari sibuknya Ibu Kota Pekanbaru, terdapat tempat untuk bersantai dan melepas penat. Setidaknya, masyarakat Pekanbaru tak perlu lagi ke Provinsi Tetangga hanya untuk berkreasi.

Meski begitu, Dia mengakui efek domino pandemi yang mempengaruhi tingkat kunjungan ke Okura. Akan tetapi, kondisi itu Ia manfaatkan untuk menata ulang taman bunga. Memperbaiki fasilitas dan menambah wahana lain melalui bantuan PT PJB sekitar Rp 36 juta pada tahun 2020 lalu.

“Kita mengapresiasi bantuan yang diberikan berkelanjutan. Bahwa, ketika kita menunjukkan komitmen, bantuan akan datang darimana saja, seperti PT PJB yang senantiasa mendampingi kami,” ungkap Muslim.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved