Breaking News:

Program Technical Factory PT RAPP, Latih Siswa SMK Siap Jadi Karyawan

Kegiatan ini diikuti empat sekolah dari tiga kabupaten dan kota, yakni SMKN 1 Pangkalan Kerinci, SMKN 1 Kerinci Kanan, dan SMK Muhammadiyah

Editor: Sesri
Istimewa
Mental Building Training Program Teaching Factory SMK Vokasi diselenggarakan Community Development PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) mulai dari 28 hingga 30 Desember 2021. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PANGKALAN KERINCI – Sebanyak 30 siswa SMK mengikuti Mental Building Training Program Teaching Factory SMK Vokasi.

Kegiatan ini diselenggarakan Community Development PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) mulai dari 28 hingga 30 Desember 2021.

Marwan Putra (17) siswa SMKN 1 Kerinci Kanan jurusan Teknik Kendaraan Ringan mengaku antusias mengikuti pelatihan ini.

Ia menganggap pelatihan ini penting dan membentuk pribadi yang bertanggung jawab dan mandiri.

Ia menambahkan kegiatan ini dapat membentuk sikap, karakter, perilaku kedisiplinan dan mental kejuangan yang tangguh untuk menghadapi dunia industri yang sangat dinamis.

“Saya senang terpilih mengikut pelatihan. Sebab, kegiatan ini banyak melatih kami tidak hanya fisik, tetapi mental. Saya mengucapkan terima kasih kepada PT RAPP yang telah menyelenggarakan pelatihan bermanfaat untuk anak-anak daerah seperti kami,” ujar Marwan yang berasal dari Desa Sering, Kecamatan Pelalawan, Kabupaten Pelalawan, Selasa (21/12) disela-sela mengikuti pelatihan.

Ia menyebut selama ini PT RAPP telah banyak memberikan dukungan untuk warga di sekitar tempat ia tinggal diantaranya dukungan pada bidang kesehatan seperti sunatan massal dan pemeriksaan kesehatan, kemudian bidang ekonomi dengan memberikan bantuan alat untuk nelayan dan juga untuk pendidikan dengan memberikan beasiswa dan dukungan infrastruktur sekolah.

“Dukungan pendidikan dari PT RAPP seperti sekarang ini. Saya diberikan kesempatan untuk mengikuti pelatihan ini, setelah ini kami semua diajarkan bagaimana menjadi operator dan mekanik,” jelas Marwan.

Kegiatan ini diikuti empat sekolah yang berasal dari tiga kabupaten dan kota, yakni SMKN 1 Pangkalan Kerinci, SMKN 1 Kerinci Kanan, dan SMK Muhammadiyah Pekanbaru.

Kepala Sekolah SMKN 1 Pangkalan Kerinci, Nurasiah mengapresiasi apa yang dilakukan oleh perusahaan pulp dan kertas. Kegiatan in sangat bermanfaat untuk siswa. Mereka jadi tahu bagaimana bekerja di dunia industri.

“Kami sangat senang dengan adanya program ini. Siswa kami yang memenuhi kualifikasi dapat bekerja di PT RAPP. Ini menjadi pemacu semangat adik-adik mereka,” terang Nurasiah.

Head of Strategic Program Community Development (CD) PT RAPP, Bertone Anwar menjelaskan kegiatan ini merupakan awal bagi siswa berasal dari sekitar daerah operasional perusahaan.

Pihaknya sudah menjalin kerjasama dengan sekolah para peserta. Jurusan sekolah-sekolah tersebut berhubungan langsung dengan kebutuhan PT RAPP.

“Kegiatan ini merupakan bagian dari program Teaching Factory. Dimulai dengan mental building, inhouse training, technical training, practical training dan setelah itu mereka akan melakukan OJT di PT RAPP. Jika mereka lulus Program Techincal Factory, lanjut Bertone, mereka otomatis akan bergabung dengan program Growee untuk menjadi karyawan,” jelas Bertone. (rls)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved