Breaking News:

Kolaborasi PLN Peduli dan BP2TSTH, Luncurkan Buku Kupas Tuntas Kelor, Dukung Ocu Mapan Kampar

Kolaborasi antara PLN Peduli dengan BP2TSTH, UMKM Dapur Aru, dan Dinas Ketahanan Pangan Kampar luncurkan buku Kupas Tuntas Kelor

Editor: Nurul Qomariah
ISTIMEWA
Lokakarya dan Peluncuran Buku “Kupas Tuntas Kelor: Pesona Tanaman Ajaib”, kolaborasi PLN Peduli dan BP2TSTH. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, KAMPAR - Lokakarya dan Peluncuran Buku “Kupas Tuntas Kelor: Pesona Tanaman Ajaib”, digelar pada 29 Desember 2021 lalu oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Teknologi Serat Tanaman Hutan (BP2TSTH) Kuok

Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara PLN Peduli dengan BP2TSTH, UMKM Dapur Aru, dan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Kampar.

Kegiatan ini merupakan bagian dari Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PLN Unit Induk Pembangunan Sumatera Bagian Tengah (UIP Sumbagteng) yang dimulai pada Bulan April 2021.

Tema yang diusung dalam Program Pemberdayaan Masyarakat ini yaitu “Peningkatan Ketahanan Pangan Masyarakat Melalui Budidaya dan Industri Rumah Tangga Berbasis Tanaman Kelor (Moringa Oleifera) Guna Mendukung Program Optimalisasi Cara untuk Mandiri Pangan atau disingkat “Ocu Mapan”.

Guna mendapatkan hasil yang maksimal, program ini disusun dengan sistematis mulai dari pelatihan, pendampingan, pemberian bibit (1.000 bibit kelor) kepada Kelompok Wanita Tani (KWT) dan peningkatan status Industri Rumah Tangga (IRT) UMK sampai mendapatkan Perizinan Industri Rumah Tangga (PIRT).

Bertempat di Aula BP2TSTH, lokakarya dan peluncuran buku berlangsung secara hybrid (faktual dan virtual).

Peserta dari beberapa lembaga yang berada dibawah naungan Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dari berbagai wilayah di Indonesia hadir secara virtual.

Seperti, Sekretaris Badan Standardisasi Instrumen LHK, Kepala Asosiasi Beyond Moringa Indonesia (ABMI), Kepala BP2LHK Palembang, Kepala BP2LHK Monokwari.

Kepala BP2LHK Makasar, Kepala BP2LHK Banjarbaru, Kepala Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Ekosistem Hutan Dipterokarpa dan beberapa peserta lainnya.

Sedangkan peserta yang berkesempatan hadir secara langsung di Aula BP2TSTH diantaranya Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Kampar, Manager Perizinan dan Komunikasi PT PLN (Persero) UIP Sumbagteng dan Kelompok Wanita Tani Dapur Aru yang merupakan UMKM pengolah tanaman kelor.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved