Breaking News:

Berita Riau

Alamak, 12 Ribu Dosis Vaksin Covid-19 di 6 Kabupaten di Riau Ternyata Telah Kedaluwarsa

Belasan ribu vaksin di 6 kabupaten di Riau yang dilaporkan telah kedaluwarsa oleh Plt Kadis Kesehatan Riau itu melewati batas waktu 31 Desember 2021

Penulis: Syaiful Misgio | Editor: CandraDani
AP via The Sun
Vaksin Moderna 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Belasan ribu vaksin Covid-19 di Provinsi Riau kedaluwarsa atau tidak dapat digunakan lagi.

Belasan ribu vaksin yang kedaluwarsa tersebut bermerk AstraZeneca dan Vaksin Moderna.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Riau Masrul Kasmy mengatakan, belasan ribu vaksin yang kadaluarsa tersebut berada di enam kabupaten di Riau.

Dimana batas waktu kedaluwarsa vaksin tersebut pertanggal 31 Desember 2021.

"Total vaksin yang kadaluarsa sebanyak 12.514 dosis. Vaksin tersebut berada dienam kabupaten di Riau dan sudah masuk batas kedaluwarsa pada 31 Desember 2021 kemarin," katanya, Senin (3/1/2022).

Enam kabupaten yang dimaksud, yakni Kabupaten Kampar, Indragiri Hilir, Siak, Rokan Hulu, Rokan Hilir dan Indragiri Hulu.

Selanjutnya, belasan ribu vaksin Covid-19 kedaluwarsa akan dibuatkan berita acaranya sebelum akan dilakukan pemusnahan.

"Akan dimusnahkan karena tak boleh lagi dipakai,” ujarnya.

Ke depan, kata Masrul Kasmy, pihaknya akan memberlakukan pola baru untuk penggunaan vaksin Covid-19 agar hal seperti tidak terulang kembali.

Adapun pola yang nantinya akan dipakai yakni vaksin Covid-19 yang sudah mendekati masa kedaluwarsa akan lebih dulu disuntikkan kepada masyarakat.

"Jadi nanti ada instrumennya. Sebelum masa berlaku vaksin yang lama habis, itu yang didahulukan," katanya. (Tribunpekanbaru.com/Syaiful Misgio)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved