Breaking News:

Techno

Anda Masih Pakai Ponsel BlackBerry Jenis Ini? Sebaiknya Segera Ganti dan Ucapkan Selamat Tinggal

Terhitung Selasa (4/1/2021) ini seluruh perangkat Blackberry dengan OS 7.1 OS dan versi sebelumnya atau BlackBerry 10 tak bisa digunakan lagi.

Editor: CandraDani
Oik Yusuf/ Kompas.com
Ukuran BlackBerry Classic (kanan) dibanding BlackBerry Q10 dalam genggaman tangan 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Terhitung hari ini, Selasa (4/1/2022) BlackBerry menghentikan dukungan untuk sistem operasi BlackBerry OS (BBOS).

Dengan dihentikannya dukungan ini, maka semua ponsel dan tablet yang menjalankan layanan tersebut tidak bisa lagi digunakan.

BlackBerry menghentikan dukungan untuk sistem operasi BlackBerry 7.1 OS dan versi sebelumnya, BlackBerry 10, serta BlackBerry PlayBook OS 2.1 dan versi sebelumnya.

Dengan demikian, jajaran ponsel lawas BlackBerry yang sempat hits pada tahun 2010-an seperti BlackBerry Bold, Torch, Curved, hingga Z10 tidak bisa lagi digunakan.

Hal ini diumumkan BlackBerry (BB) secara langsung melalui laman FAQ di situs resminya.

"Mulai 4 Januari 2022, perangkat yang menjalankan layanan dan OS lawas ini melalui operator atau koneksi Wi-Fi, tidak akan lagi berfungsi dengan andal, termasuk untuk koneksi data, panggilan telepon, SMS, dan 9-1-1," tulis BlackBerry di halaman resminya.

Penghentian dukungan tiga OS lawas BlackBerry itu jugaa berdampak pada fungsi untuk sejumlah aplikasi seperti alamat e-mail yang di-hosting BlackBerry, BlackBerry Link, BlackBerry Desktop Manager, BlackBerry Blend, serta BlackBerry Protect.

Alasan dihentikannya dukungan terhadap ketiga operasi lawas tersebut menurut BlackBerry, adalah karena bisnis BlackBerry kini sudah pindah haluan.

BlackBerry yang semula memproduksi ponsel untuk konsumen, kini menjadi perusahaan yang fokus menyediakan software dan layanan keamanan cerdas (intelligent security) untuk perusahaan dan pemerintah di seluruh dunia.

Baca juga: Inilah Titan Pocket, Ponsel Android Mirip BlackBerry

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved