Breaking News:

Berita Riau

94 Ribu Anak Putus Sekolah di Riau, Disdik Bakal Bentuk Satgas Khusus, Begini Respon DPRD

Tercatat hingga saat ini ada 94 ribu anak di Riau yang putus sekolah karena keterbatasan biaya. emprov Riau akan membentuk Satgas Khusus

Penulis: Syaiful Misgio | Editor: Nurul Qomariah
Foto/istimewa
Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Provinsi Riau, Kamsol mengatakan angka anak putus sekolah di Riau capai 95 ribu anak, Pemprov Riau bakal bentuk satgas khusus. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Angka anak putus sekolah di Riau terbilang cukup tinggi. Tercatat hingga saat ini ada 94 ribu anak di Riau yang putus sekolah karena keterbatasan biaya.

Pemprov Riau akan membentuk Satgas untuk penanggulangan anak putus sekolah.

Diharapkan dengan terbentuknya Satgas ini angka putus sekolah di Riau bisa dikurangi.

Sebab angka rata-rata lama sekolah berkorelasi dengan meningkatnya Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau Kamsol, Kamis (6/1/2022) mengatakan, Satgas ini akan bekerja menanggulangi masalah anak putus sekolah yang menjadi hak dasar setiap anak untuk mendapat pendidikan.

"Tahun 2022 ini kami akan bentuk Satgas penanggulangan anak putus sekolah. Satgas ini lah nantinya yang akan menyelesaikan empat pokok masalah dasar di sektor pendidikan di Riau," kata Kamsol.

Dia mengatakan, ada empat hal penting yang menjadi faktor penghambat terwujudnya hak anak untuk mendapatkan wajib belajar.

Adapun keempat persoalan besar tersebut adalah persoalan geografis,sosial, ekonomi dan kesenjangan infrastruktur sekolah.

Kata Kamsol, keempat faktor tersebut bisa dilihat sangat jelas di sekolah-sekolah yang terdapat di berbagai daerah di Provinsi Riau.

"Makanya memang di Kabupaten Kepulauan Meranti dan Inhil itu rendah (partisipasi wajib belajar). Itu tidak lain hanya karena persoalan geografis wilayah yang mempengaruhi infrastruktur sekolah," jelasnya.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved