Breaking News:

Berita Riau

Ini Nama-nama Pejabat Pemprov Riau yang Diprediksi Jadi Pj Wali Kota Pekanbaru dan Bupati Kampar

Di Riau terdapat dua kepala daerah yang Akhir Masa Jabatan (AMJ)-nya berakhir pada tahun ini, yakni Bupati Kampar dan Wali Kota Pekanbaru

Penulis: Syaiful Misgio | Editor: Nurul Qomariah
Tribun Pekanbaru
Ilustrasi. Dua kepala daerah yang Akhir Masa Jabatan (AMJ)-nya berakhir pada tahun ini, siapa pejabat Pemprov Riau yang bakal jadi Pj Wali Kota Pekanbaru dan Pj Bupati Kampar? 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setdaprov Riau, Muhammad Firdaus mengatakan, jelang Pilkada serentak pada 2024, di Riau terdapat dua kepala daerah yang Akhir Masa Jabatan (AMJ)-nya berakhir pada tahun ini, yakni Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto, dan Wali Kota Pekanbaru Firdaus.

"Bupati Kampar dan Wali Kota Pekanbaru AMJ-nya sesuai pelantikan tanggal 22 Mei 2022," kata Firdaus, Kamis (6/1/2022).

Firdaus menyebut jika pilkada serentak dilaksanakan pada 2024, maka akan terjadi kekosongan dua jabatan kepala daerah yang tidak mengikuti pilkada serentak.

Firdaus menegaskan, agar tidak terjadi kekosongan pucuk pimpinan di dua daerah tersebut sampai terpilih kepala daerah hasil pilkada serentak, maka Gubernur Riau sebagai perpanjangan tangan pemerintah pusat di daerah akan menunjuk Penjabat (Pj).

Baik Pj Bupati Kampar maupun Pj Walikota Pekanbaru.

"Untuk Pj sesuai aturan itu akan diisi oleh Pejabat Tinggi Pratama (PTP) yang ada di Pemprov Riau. Usulan Pj ini kewenangan Gubernur selaku perwakilan pemerintah pusat di daerah,” ujarnya.

“Biasanya di SK Pj itu lebih spesifik, tertera masa jabatan Pj itu berakhir setelah dilantik kepala daerah definitif hasil Pilkada serentak 2024," imbuhnya.

Jelang AMJ Bupati Kampar dan Wali Kota Pekanbaru berakhir, sejumlah pejabat di lingkungan Pemprov Riau mencuat.

Nama-nama ini ramai diperbincangkan karena memiliki kedekatan dengan Gubernur Riau Syamsuar sehingga berpotensi ditunjuk menjadi PJ kepala daerah di dua kabupaten kota tersebut.

Mereka di antaranya adalah Sekdaprov Riau SF Hariyanto, Asisten I Setdaprov Riau Masrul Kasmy serta Sekwan DPRD Riau, Muflihun.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved