Breaking News:

Video Berita

VIDEO: Bupati Catur Langsung Uji Coba Mesin Traktor Bantuan untuk Petani di Kampar

Catur mengatakan, bantuan ini dimaksudkan untuk mendorong penguatan ketahanan pangan. Maka caranya adalah memprioritaskan petani desa. Terutama desa-

Penulis: Fernando Sihombing | Editor: David Tobing

TRIBUNPEKANBARU.COM, KAMPAR - Bupati Kampar, Catur Sugeng Susanto langsung menguji coba mesin Traktor saat menyerahkannya kepada petani di Desa Gunung Mulya Kecamatan Gunung Sahilan, Rabu (4/1/2022).

Mesin pertanian jenis Plantation Tractor roda empat itu dikendarainya sendiri. Ia tampaknya cepat beradaptasi dan fasih mengoperasikan alat itu.

Catur mengoperasikannya selama hampir 15 menit. Ia mengitari lahan pertanian yang dikelola petani untuk menggemburkan tanah. Ia mengaku seperti bernostalgia ketika menggunakan alat pertanian.

"Saya juga petani," ucap Catur kepada Tribunpekanbaru.com. Menurut dia, petani adalah pekerjaan yang mulia. Sebab, kebutuhan hidup sehari-hari bergantung kepada petani.

Pada kesempatan itu, Bupati Catur menyerahkan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) kepada Kelompok Tani Suka Tani I Desa Gunung Mulya.

Ini adalah bantuan dari Pemerintah melalui Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Holtikultura (DPTPH) Kampar.

Catur mengatakan, bantuan ini dimaksudkan untuk mendorong penguatan ketahanan pangan.

Maka caranya adalah memprioritaskan petani desa. Terutama desa-desa di perbatasan yang umumnya didominasi masyarakat petani.

"Desa adalah penyangga ketahanan pangan. Maka desa harus menjadi desa unggul yang berdaya saing," ujar Catur. Ia berpesan, masyarakat kelompok tani yang beruntung mendapat bantuan harus memanfaatkan Alsintan dengan sebaik-baiknya.

Catur mengingatkan, Traktor harus dirawat agar awet. Sehingga manfaatnya untuk jangka panjang. Ia berharap, bantuan ini memotivasi petani agar lebih inovatif mengembangkan produksi pertanian.

"Rawatlah supaya awet. Jadi bisa digunakan bertahun-tahun. Kalau sudah sampai rusak parah, susah memperbaikinya. Butuh banyak biaya," ujarnya.

Kepala Dinas PTPH Kampar, Nurilahi Ali menyebutkan, bantuan Traktor bersumber dari anggaran 2021. Selain di Gunung Mulya, batuan Traktor juga diserahkan kepada petani di Desa Tapung Lestari Kecamatan Tapung Hilir pada Kamis (6/1/2022).

Selain Plantation Tractor, Nurilahi menyebutkan, Pemkab Kampar juga menyalurkan bantuan Hand Tractor sebanyak 4 unit dan Cultivator sebanyak 3 unit. Hand Tractor disalurkan masing-masing kepada dua kelompok tani di Desa Sungai Jalau Kecamatan Kampar Utara, Desa Pulau Sarak Kecamatan Kampar dan Desa Bukit Payung Kecamatan Bangkinang.

Cultivator disebar ke Desa Teluk Paman Kecamatan Kampar Kiri, Desa Domo Kecamatan Kampar Kiri dan Desa Batu Belah Kecamatan Kampar. "Ini program kita untuk pengembangan pertanian modern dan meningkatkan kualitas hasil pertanian," jelasnya.

(Tribunpekanbaru.com / Fernando Sihombing)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved