Breaking News:

News Video

VIDEO: Muncul TPS Liar, Wako Pekanbaru Sentil Angkutan Sampah Mandiri

Wali Kota Pekanbaru, Firdaus menegaskan bahwa keberadaan oknum angkutan sampah mandiri ini harus jadi perhatian Dinas Lingkungan Hidup Dan Kebersihan

Penulis: Fernando | Editor: David Tobing

TRIBUNPEKANBARU.COM,PEKANBARU- Angkutan sampah mandiri bakal mendapat tindakan tegas. Ada dugaan sejumlah oknum angkutan sampah mandiri di Kota Pekanbaru nekat membuang sampah sembarangan.

Angkutan sampah ilegal diduga membuang sampah di luar titik Tempat Pembuangan Sementara (TPS).

Kondisi tersebut menimbulkan munculnya TPS liar yang tidak terpantau oleh operator angkutan sampah.

Satu TPS liar terdapat di Jalan Bakti IV, Kecamatan Marpoyan Damai. Panjang tumpukan itu sekitar 20 meter lebih sehingga mengeluarkan aroma tidak sedap.

Sampah plastik rumah tangga mendominasi sampah yang menumpuk di kawasan itu. Lalat pun beterbangan di sekitar tumpukan sampah yang mengganggu pemandangan.

Wali Kota Pekanbaru, Firdaus menegaskan bahwa keberadaan oknum angkutan sampah mandiri ini harus jadi perhatian Dinas Lingkungan Hidup Dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru.

Oknum angkutan sampah mandiri mengangkut sampah dari pemukiman.

"Mereka membuang di luar tempat seharusnya, kondisi ini terlihat di sejumlah wilayah," paparnya kepada Tribunpekanbaru.com, Kamis (6/1/2022).

Dirinya pun sudah memberi instruksi kepada DLHK Kota Pekanbaru agar menindak angkutan sampah mandiri pada tahun 2022 ini. Mereka bisa berkordinasi dengan tim yustisi dan aparat gabungan.

Firdaus menilai bahwa pemerintah sudah memberi waktu selama dua tahun kepada angkutan sampah mandiri. Mereka tidak kunjung bekerjasama dengan operator angkutan.

Oknum angkutan sampah mandiri juga tidak mengindahkan imbauan pemerintah kota selama ini. Ia pun berharap dengan adanya tindakan tegas dari tim yustisi dan aparat gabungan bisa meningkatkan kesadaran untuk ikut mengelola sampah.

"Maka tahun ini kita bakal ambil tindakan tegas dengan penegakan hukum sesuai dengan peraturan daerah yang sudah ada," tegasnya.

(Tribunpekanbaru.com/Fernando Sikumbang)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved