Breaking News:

Video Berita

VIDEO: Sampah Di TPS Liar Jalan Wan Amir Dibersihkan, Camat Dumai Barat: Langsung Kita Pasang Garis

Bahkan, tambahnya, sebelum kekantor dirinya melakukan patroli untuk menemukan TPS-TPS ‎liar, yang selanjutnya akan di koordinasikan dengan pihak lurah

Penulis: Donny Kusuma Putra | Editor: didik ahmadi

TRIBUNPEKABARU.COM, DUMAI- Sampah masih menjadi permasalahan yang harus diselesaikan dengan  serius ‎oleh pemerintah kota Dumai, namun dalam menyelesaikan permasalahan sampah harus ada kesadaran dari ke dua belah pihak, yakni pemerintah dan masyarakat. 

Sempat menggangu pandangan saat melintas di Jalan Wan Amir yang tak jauh dari Pelabuhan Bandar Sri Junjungan, Tempat pembuangan sampah (TPS) ‎liar mulai dibersihkan oleh Dinas Lingkungan Hidup dan pihak kecamatan Dumai Barat pada Kamis (6/1/2022).

Bahkan berdasarkan pantauan Tribunpekanbaru.com, pada di TPS liar Jalan Wan Amir yang merupakan akses utama menuju Pelabuhan Bandar Sri Junjungan, para petugas kebersihan bersama pegawai Kecamatan Dumai Barat, bergotong royong membersihan tumpukan sampah untuk diangkut ke TPA. ‎

Disela sela kegiatan gotong royongnya, Al Khusairi Camat Dumai Barat mengungkapkan, bahwa dalam menangani permasalahan sampah pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak DLH dan seluruh lurah dan perangkat RT di Dumai Barat. 

Bahkan, tambahnya, sebelum kekantor dirinya melakukan patroli untuk menemukan TPS-TPS ‎liar, yang selanjutnya akan di koordinasikan dengan pihak lurah untuk dilakukan Goro. 

"Tumpukan Sampah di TPS Liar  Jalan ‎Wan Amir ini memang sudah terlihat menumpuk bahkan sudah meluber ke badan jalan, setelah mendapatkan info, langsung kita lakukan pembersihan," katanya, Kamis. 

Ia menambahkan, setelah dilakukan pembersihan pihaknya akan langsung memasang garis atau semacam police line dan juga himbauan agar masyarakat tak lagi membuang sampah disini (TPS Liar). 

‎Al Khusairi mengaku, untuk menyelesaikan permasalahan sampah, pihaknya bersama unsur terkait selalu melakukan gotong royong setiap minggu. 

"Kita berharap kalau sudah dibersihkan jangan buang sampah di pinggir jalan dan disini, kita sudah menyediakan TPS jadi buanglah sampah di TPS TPS yang telah ditentukan," harapnya.

Sebelumnya, Menanggapi permasalahan sampah dan TPS Liar yang berada di jalan Wan Amir, Wali kota Dumai, Paisal sangat menyayangkan ‎kesadaran masyarakat yang masih membuang sampah tidak pada tempatnya.

Menurutnya, pemerintah sudah berupaya semaksimal mungkin untuk mengatasi permasalahan sampah, bahkan pihaknya telah menambah bak bak sampah di TPS-TPS yang ada di kota Dumai, agar sampah tidak berserakan. 

"Jadi percuma juga pemerintah sudah menyediakan tempat sampah, tapi masyarakat ‎masih membuang sampah sembarangan dan tidak pada tempat nya, jadi tolong kerja samanya," kata Paisal dengan nada sedikit marah. 

Paisal ‎mengaku, di 2022 ini akan segera menerapkan  Perda Nomor 3 Tahun 2021 tentang Pengelolaan Sampah, yang mana dalam Perda tersebut ada  sanksi  denda uang paksa jika ada masyarakat yang kedapatan membuang sampah tidak pada tempatnya. 

Dirinya menyampaikan, Perda Nomor 3 Tahun 2021 akan ditegakkan oleh Dinas Lingkungan Hidup Dumai, Sanksi soal membuang sampah tertuang dalam pasal 130 Ayat 1.

Dirinya berharap kepada masyarakat, untuk bekerjasama dalam mengatasi permasalahan sampah yang ada di kota Dumai, bantu pemerintah mengatasi masalah sampah dengan cara tidak membuang sampah sembarangan.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved