Breaking News:

DPRD Pekanbaru

Vaksin Daerah Lain Digeser ke Pekanbaru, Dewan Wanti-wanti Diskes Masa Kedaluarsanya

Komisi III DPRD Pekanbaru yang membidangi kesehatan, mewanti-wanti Diskes, agar memastikan vaksin tersebut tidak habis masa edar

Penulis: Syafruddin Mirohi | Editor: Nurul Qomariah
ISTIMEWA
Anggota DPRD Pekanbaru Zulkarnain SE MSi mewanti-wanti Diskes, agar memastikan vaksin Covid-19 tidak habis masa edar. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Diskes Pekanbaru mengklaim, kini masih memiliki sekitar 39 ribu dosis vaksin, yang terdiri dari jenis Coronavac, Moderna dan Pfizer.

Dari jumlah tersebut, sekitar 2 ribu dosis di antaranya masa kedaluarsanya di bulan Maret 2022 nanti. Ada jenis pfizer dan moderna.

Diskes menyebutkan, vaksin untuk Kota Pekanbaru tersebut merupakan jatah daerah lain, yang digeser untuk Kota Pekanbaru.

Relokasi vaksin ini karena di di daerah lain itu, belum terpakai dan masih dinyatakan layak pakai.

Menanggapi hal ini, Komisi III DPRD Pekanbaru yang membidangi kesehatan, mewanti-wanti Diskes, agar memastikan vaksin tersebut tidak habis masa edar.

Anggota Komisi III DPRD Pekanbaru Zulkarnain SE MSi menegaskan, dengan banyaknya jenis vaksin sekarang, pihaknya menginginkan Diskes untuk mengecek masa kedaluarsanya.

"Apalagi dari luar daerah, kita tak tahu pasti. Memang di laporan kertasnya ada masa expired-nya, tapi lebih baik dipastikan dengan mengecek langsung box atau kotaknya," pinta Zulkarnain kepada Tribunpekanbaru.com, Jumat (7/1/2022).

Politisi Senior PPP ini mengharapkan, jangan sampai ada masyarakat yang disuntikkan vaksin kedaluarsa. Sebab pengaruhnya secara medis, dipastikan akan buruk.

Lebih dari itu, Zulkarnain meminta agar Diskes Pekanbaru di tahun 2022 ini lebih banyak jemput bola, untuk memastikan masyarakat sudah divaksin.

Meski Kota Pekanbaru kini tingkat persentase vaksinasinya sudah melebihi target, di atas 70 persen, namun alangkah lebih baiknya bisa mencapai 100 persen.

"Kita yakin, ini juga keinginan pemerintah. Sehingga benar-benar Kota Pekanbaru beberapa bulan ke depan, bisa masuk zona new normal lagi. Mari sama-sama kita sukseskan," harapnya.

Kepala Diskes Pekanbaru Zaini Rizaldy mengaku, bahwa vaksin yang ada di Kota Pekanbaru saat ini, relokasi dari daerah lain. Namun pihaknya sudah mengecek kepastian masa kedaluarsanya.

Tim vaksinasi akan terus gencar melaksanakan vaksin tersebut.

"Selain tim vaksinasi, kita tetap menggerak juga 21 Puskesmas yang ada di Kota Pekanbaru untuk melaksanakan vaksin. Target kita sama, semua masyarakat bisa divaksin secara keseluruhan," janjinya.

( Tribunpekanbaru.com / Syafruddin Mirohi )

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved