Breaking News:

Video Berita

VIDEO: Viral Kapal Pengangkut Truk Sawit di Kaltim Terbalik saat Bongkar Muat, Ini Penyebabnya

Nampak kapal yang memuat truk tersebut, terbalik sesaat setelah bersandar di pinggir sungai sehingga sejumlah truk di dalamnya tenggelam bersama kapal

Editor: didik ahmadi

TRIBUNPEKANBARU.COM-- Beredar video kapal pengangkut truk sawit mengalami laka yang ditengarai terjadi di Kecamatan Sangkulirang, Kabupaten Kutai Timur.

Detik-detik kapal bernama LCT Rimba Raya IX tersebut terekam oleh warga dan viral di media sosial.

Nampak kapal yang memuat truk tersebut, terbalik sesaat setelah bersandar di pinggir sungai sehingga sejumlah truk di dalamnya ikut tenggelam bersama kapal.

Camat Sangkulirang, Raham 10 an di Sungai Kelolokan, Desa Pelawan. Nama kapalnya Rimba Raya," ujarnya saat dihubungi melalui selular, Minggu (9/1/2022).

Ia menjelaskan bahwa memang kapal tersebut rutin digunakan untuk mengangkut truk dari perusahaan sawit, sebab truk pengangkut sawit tidak boleh melewati jembatan.

Kapal tersebut memuat kurang lebih enam truk dalam sekali perjalanan dan diatur sedemikian rupa agar muatan kapal seimbang.

Kendati di hari kejadian, kapal LCT Rimba Raya tengah merapat ke pinggir sungai guna melakukan kegiatan bongkar muat.

Tetapi karena kesalahan teknis, truk yang seharusnya keluar dari kapal secara beriringan dalam satu waktu justru hanya sisi sebelah kiri yang terlebih dahulu keluar.

"Itukan posisinya kan dua-dua, nah jadi begitu yang kiri meluncur meninggalkan LCT, seharusnya diikuti dengan yang di sebelah kanan," ucapnya pada tribunkaltim.co.

Namun pada saat kejadian, hanya satu truk di sebelah kiri yang keluar dari kapal sehingga menyebabkan kemiringan di tubuh kapal.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved