Breaking News:

Berita Siak

Ketua Baznas RI: Gedung Zakat Kabupaten Siak Terbaik se Indonesia

Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI KH Noor Achmad meresmikan gedung Baznas Kabupaten Siak, Rabu.

Penulis: Mayonal Putra | Editor: Ariestia
Istimewa
Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI KH Noor Achmad menandatangani prastasi peresmia gedung Baznas Kabupaten Siak, Rabu (12/1/2022). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, SIAK - Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI KH Noor Achmad meresmikan gedung Baznas Kabupaten Siak, Rabu (12/1/2022).

Gedung Baznas Kabupaten Siak tersebut berdiri di Jalan Sultan Syarif Ali, kelurahan Kampung Dalam, kecamatan Siak.

"Alhamdulillah, hari ini kita bersama meresmikan pemakaian Graha Zakat milik Baznas Siak. Setelah keliling pelosok Indonesia, gedung zakat kabupaten Siak inilah yang terbaik di Indonesia. Ini serius terbaik, kalau ada yang menunjukkan ada yang lebih baik akan kami kunjungi,"ujarnya saat meresmikan Graha Zakat dan Kantor Badan Wakaf Indonesia (BWI) Perwakilan Kabupaten Siak itu.

Noor menyebut Baznas Provinsi Riau dan Kabupaten Siak mempunyai strategi jitu untuk mengumpulkan zakat. Baznas Siak menjadi pengumpul tertinggi di provinsi Riau. Salah satu strateginya adalah melakukan gerakan gemar berzakat setiap tahun. Hal ini menjadi salah satu model yang harus di contoh daerah lain.

“Satu hal lain yang harus dipuji adalah pembangunan gedung ini tidak menggunakan dana zakat, melainkan menyisihkan sebahagian jatah amil sehingga terbangunlah gedung graha zakat,” kata dia.

Ia mengatakan, dana zakat tidak boleh dipergunakan untuk pembangunan kantor. Sebab hal itu akan menjadi temuan, meskipun bisa dibenarkan.

“Lebih aman lagi seperti yang dilajukan Siak ini menggunakan wakafnya amil," kata dia.

Ia juga mengapresiasi Baznas kabupaten Siak yang terus berinovasi dan tren pengumpulan zakat setiap tahunnya meningkat. Banyak pelajaran yang didapat dan contoh yang baik ini yang harus diikuti daerah lain di Indonesia.

"Kami disini mendapatkan pelajar bagus, yaitu dana zakat atau infak sedekah setiap tahunnya sangat meningkat. Karena apa, kekuatan dari siar, kerjasama antar Baznas, ulama dan pemerintah berjalan dengan baik. Berkali-kali kami sampaikan, karena Baznas adalah lembaga pemerintah non struktural yang memang diberi tanggungjawab untuk mengelola zakat nasional," terangnya.

Tren pengumpulan zakat ini di seluruh Indonesia meningkat, berkat program yang di luncurkan oleh Presiden Joko Widodo yang bertema cinta zakat. Program ini diikuti para gubernur dan bupati se Indonesia.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved