Breaking News:

Opini

Mau Cegah Stunting? Mari Ikuti Bimbingan Catin

Bimbingan Catin (Calon Pengantin) merupakan salah satu strategi yang dilakukan untuk mencegah stunting secara dini

Editor: Rinal Maradjo
ist
Ilustrasi - Pemeriksaan kesehatan anak. Stunting bisa dilakukan lewat bimbingan calon pengantin 

Mau Cegah Stunting? Mari Ikuti Bimbingan Catin

Oleh:
Hamsanah, M.Pd (Kasi Ketahanan Keluarga Balita Anak dan Lansia DPPKB Rohul )
Isrha. SH (Kasi Ketahanan Remaja DPPKB Rohul )

Bimbingan Catin (Calon Pengantin) merupakan salah satu strategi yang dilakukan untuk mencegah stunting secara dini. Pencegahan bisa dilakukan dengan berbagai cara dan inovasi untuk memperkaya penanganan stunting.

Sebagai calon pengantin, baik perempuan maupun pria perlu mendapatkan bimbingan baik dari sisi kesehatan maupun non kesehatan.

“Dari sisi kesehatan, materi-materi yang disampaikan seperti kesehatan reproduksi, pecegahan anemia, pemenuhan gizi cukup dan lain-lain.

Dari sisi non kesehatan, seperti bimbingan agama sangat mempengaruhi perilaku catin dalam membina keluarga yang sakinah dan adanya perencanaan keluarga yang menerapkan pengasuhan kepada anggota keluarga,” ujar Hamsanah, M.Pd, Kepala Seksi Ketahanan Keluarga Balita Anak dan Lansia Kabupaten Rokan Hulu.

Adanya layanan yang disediakan kepada para calon pengantin diberikan agar mereka memiliki bekal pengetahuan keterampilan hidup yang dibutuhkan dalam membangun keluarga.

“Adapun pihak-pihak yang terlibat seperti Kementerian Agama di Kabupaten, Dinas Kesehatan, dan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) untuk memperkuat penyuluhan materi-materi perkawinan kepada calon pengantin,” jelas Isrha. SH, Kepala Seksi Ketahanan Remaja Kabupaten Rokan Hulu.

Isrha menjelaskan bahwa sebelum adanya Keputusan Dirjen Bimas Islam No. 189 Tahun 2021, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) belum ikut serta dalam menyampaikan materi terkait calon pengantin bersama perwakilan Kemenag di kabupaten.

“Tetapi, DPPKB tetap melakukan penyuluhan kepada masyarakat terkait pembangunan keluarga yang juga menyasar calon pengantin,” tuturnya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved