Breaking News:

Berita Siak

PT DSI Kembali Dilaporkan ke Polda Riau, Koperasi di Siak Juga Minta Pusat Cabut Izin Konsesinya

Tak hanya melaporkan PT DSI ke Polda Riau, Koperasi Sengkemang Jaya juga minta Presiden dan Menteri LHK agar izin konsesi kawasan hutan PT DSI.

Penulis: Mayonal Putra | Editor: CandraDani
Tribun Pekanbaru/Mayonal Putra
Warga Kecamatan Mempura terlihat emosi saat Komisi II DPRD Siak berkunjung ke areal PT DSI, Senin (27/1/2020). Warga tak terima karena jembatan akses ke kebun mereka diputus pihak perusahaan. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, SIAK - Koperasi Sengkemang Jaya kembali melaporkan PT Duta Swakarya Indah (PT DSI) ke Polda Riau terkait penguasaan sebagian lahan pencanadangan koperasi tersebut.

Selain itu, pihak koperasi yang berada di kecamatan Koto Gasib, kabupaten Siak, Provinsi Riau ini meminta Presiden Joko Widodo untuk mencabut izin PT DSI tersebut.

Ketua Koperasi Sengkemang Jaya, Iswondo dan Ketua DPD Jaringan Pendamping Kebijakan Pembangunan (JPKP) kabupaten Siak Nazaruddin mengatakan, laporan resmi masuk ke Polda Riau pada akhir tahun 2021 kemarin.

Kemudian pihaknya juga segera menyurati Mentri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) agar memasukkan PT DSI ke dalam daftar perusahaan yang akan dicabut izin konsesi kawasan hutannya.

“Pada Pencabutan Izin Konsesi Kawasan Hutan berdasarkan keputusan Mentri Lingkungan Hidup Januari 2022 kan belum ada masuk PT DSI. Di Siak hanya ada satu yakni PT TUM, maka pada tahap dua kita minta PT DSI masuk daftar,” kata Iswondo dan Nazaruddin, Rabu (12/1/2022).

Mereka menguraikan, PT DSI mendapatkan izin pelepasan kawasan hutan seluas 13.500 Ha pada 1998 silam. Pada 2006 ia memperoleh izin lokasi seluas 8.000 Ha.

Sampai saat ini luas lahan yang baru tergarap 2.800 Ha, tanpa mengantongi Hak Guna Usaha (HGU).

“Izin lokasi tidak sesuai dengan izin pelepasan kawasan hutannya, kami menduga mereka juga tidak bayar pajak bumi dan bangunan(PBB), maka kami atas nama masyarakat kampung Sengkemang mohon kepada bapak presiden dan Mentri ATRdan Mentri LHK untuk mencabut izin PT DSI,” kata dia.

Iswondo menjelaskan, seluas 1.200 Ha dari 3.000 Ha lahan pencadangan koperasi Sengkemang Jaya dikuasai PT DSI.

Dalam perjuangannya melawan PT DSI ia tidak mendapatkan dukungan dari kepala desa (penghulu kampung) setempat.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved