Breaking News:

Berita Pekanbaru

Saling Klaim Kepemilikan Lahan Satu Restoran di Pekanbaru, Dua Pihak Sama-sama Lapor Polisi

Sama-sama mengklaim kepemilikan lahan satu restoran di Jalan Jenderal Sudirman, Kota Pekanbaru, dua belah pihak saling lapor ke polisi

Penulis: Rizky Armanda | Editor: Nurul Qomariah
net
Ilustrasi sertifikat tanah. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Sama-sama mengklaim kepemilikan lahan satu restoran di Jalan Jenderal Sudirman, Kota Pekanbaru, dua belah pihak saling lapor ke polisi.

Dua pihak yang bersengketa itu, yakni SD dan ML. Mereka masing-masing, mengaku punya bukti yang kuat atas kepemilikan lahan yang dimaksud.

Nuriman, Kuasa Hukum SD mengatakan, kliennya merasa terganggu saat LBH PEKAT IB, mulai menduduki lahan tersebut.

Atas hal ini diterangkan Nuriman, pihaknya telah membuat laporan ke Polresta Pekanbaru.

"Karena kalau ada pihak lain yang merasa berhak, seharusnya mengajukan gugatan ke pengadilan, bukan langsung mengerahkan massa untuk menguasai tanahnya," katanya Selasa (11/1/2022).

"Ini sangat memprihatinkan, karena negara kita negara hukum, siapapun tidak boleh mamaksakan kehendak," imbuhnya.

"Makanya saya melarang klien saya untuk melakukan penguasaan tandingan di lapangan. Ini untuk menghindari bentrok dan tidak baik. Sehingga saya melaporkan sesuai prosedur hukum saja," imbuhnya.

Lanjut Nuriman, kliennya telah membeli tanah tempat berdirinya restoran tersebut, dari ahli waris yang sah dengan Surat Keterangan Ganti Rugi (SKGR).

"Tanah restoran itu, dibeli klien saya dari ahli waris atas nama S pada tahun 1995 dengan SKGR yang sah. S membeli tanah dari salah satu ahli waris atas nama MD seluas 3.200 meter persegi. Kemudian ahli waris S menjual kepada klien saya 2.800 meter persegi. Oleh klien saya, surat hak kepemilikan ditingkatkan menjadi sertifikat yang sah semenjak tanggal 3 Maret 1996," urai Nuriman.

Sebagai pengacara yang sudah berpraktek semenjak tahun 1992, Nuriman mengaku sangat miris melihat sikap LBH PEKAT IB yang langsung mengerahkan massa untuk menguasai lahan.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved