Breaking News:

Berita Riau

Segera Diadili? 2 Pegawai PT WIKA dan 1 PPTK Proyek Jalan Lingkar di Bengkalis Riau Terlibat Korupsi

2 pegawai PT WIKA dan 1 orang Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) proyek Jalan Lingkar Pulau Bengkalis segera diadili

Penulis: Rizky Armanda | Editor: Nurul Qomariah
Tangkapan Youtube KPK RI
Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri mengatakan 2 pegawai PT WIKA dan 1 PPTK proyek jalan lingkar di Bengkalis Riau segera diadili. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - 2 orang pegawai PT WIKA dan 1 orang Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) proyek Jalan Lingkar Pulau Bengkalis, Provinsi Riau, Tahun Anggaran (TA) 2013 - 2015, segera menjalani proses peradilan.

Tiga orang yang dimaksud, terlibat dugaan korupsi pada proyek tersebut. Kasus yang menyeret mereka, ditangani oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Berkas perkara ketiga tersangka, telah rampung. Setelahnya, Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK pun melimpahkan berkasnya ke Pengadilan Tipikor Pada Pengadilan Negeri Pekanbaru.

JPU KPK kini menunggu penetapan jadwal sidang perdana tiga orang yang kini statusnya sudah beralih menjadi terdakwa itu dari pihak pengadilan.

Adapun tiga pesakitan tersebut diantaranya, Didiet Hadianto selaku Project Manager PT WIKA, Firjan Taufa selaku Koordinator Administrasi Pemasaran Divisi I Medan PT WIKA dan Tirta Adhi Kazmi selaku PPTK.

Ketiganya adalah tersangka dugaan rasuah Pembangunan Jalan Lingkar Pulau Bengkalis Tahun Anggaran (TA) 2013-2015.

"Tim jaksa telah melimpahkan berkas perkara berikut surat dakwaan untuk terdakwa Didiet Hadianto dkk ke Pengadilan Tipikor pada PN Pekanbaru," kata Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri, Rabu (11/1/2022).

Lanjut dia, dengan telah dilimpahkannya berkas perkara, maka penahanan para terdakwa telah beralih menjadi kewenangan pengadilan. Sementara, untuk penahanan masih dititipkan pada Rutan KPK.

Untuk terdakwa Didiet Hadianto ditahan di Rutan KPK Gedung Merah Putih. Lalu terdakwa Firjan Taufa ditahan di Rutan KPK pada Pomdam Jaya Guntur, dan terdakwa Tirta Adhi Kazmi ditahan di Rutan KPK Kavling C1.

"Tim jaksa berikutnya menunggu penetapan penunjukkan majelis hakim dan penetapan hari sidang dengan agenda pembacaan surat dakwaan," sebut Ali Fikri.

Ia menambahkan, para terdakwa didakwa dengan dakwaan, primair: Pasal 2 ayat (1) Jo Pasal 18 UU Tipikor Jo Pasal 55 ayat (1) ke 1 KUHP Jo Pasal 64 ayat (1) KUHP. Subsidair: Pasal 3 Jo Pasal 18 UU Tipikor Jo Pasal 55 ayat (1) ke 1 KUHP Jo Pasal 64 ayat (1) KUHP.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved