Breaking News:

Berita Pelalawan

Vaksin Booster Dimulai Hari Ini,Tapi di Pelalawan Vaksinasi Anak 8-11 Tahun Belum Dilakukan,Kenapa?

Vaksin booster dimulai hari Ini, tapi di Pelalawan vaksinasi anak usia 8-11 tahun belum bisa dilakukan, kenapa?

Penulis: johanes | Editor: Nurul Qomariah
Tribunpekanbaru.com
Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Pelalawan, Asril M.Kes menjelaskan alasan vaksin bagi anak usia 8-11 tahun belum bisa dilaksanakan di Pelalawan. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PANGKALAN KERINCI - Vaksin booster dimulai hari Ini, tapi di Pelalawan vaksinasi anak usia 8-11 tahun belum bisa dilakukan, kenapa?

Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Pelalawan, Riau belum bisa menggelar vaksinasi Covid-19 terhadap anak berusia 6 sampai 11 tahun, meski secara nasional telah digelar pemerintah pusat dan berbagai daerah.

Menurut Kepala Diskes Pelalawan, Asril M.Kes, pihaknya telah mempersiapkan rencana vaksinasi terhadap anak usia dibawah 11 tahun.

Namun rencana itu belum bisa direalisasikan secepatnya lantaran masih ada kriteria yang belum dipenuhi oleh Satuan Tugas (Satgas) Covid-19.

Yakni capaian vaksinasi bagi warga kategori Lanjut Usia (Lansia) minimal harus 60 persen.

"Syarat vaksinasi anak adalah capaian dosis satu vaksinasi umum 70 persen, itu sudah kita lewati. Kemudian vaksinasi lansia musti 60 persen, padahal kita masih 58 persen," kata Asril saat ditemui Tribunpekanbaru.com di kantor Bupati Pelalawan, Rabu (12/1/2022).

Asril menyebutkan, pihaknya akan fokus mengejar target vaksinasi lansia dalam dua hari ini hingga bisa mencapai 60 persen.

Jika sudah tercapai, Diskes segera mengagendakan penyuntikan vaksin terhadap anak-anak sesuai program pemerintah pusat.

Dikatakannya, Diskes telah berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) terkait vaksinasi anak ini.

Diperkirakan anak usia 6 sampai 11 tahun merupakan siswa yang duduk di bangku Sekolah Dasar (SD).

Alhasil pelaksanaannya lebih mudah dengan menyasar ke sekolah-sekolah melalui data yang diberikan Disdikbud.

"Akan lebih mudah lagi, karena kita sudah melakukan beberapa imunisasi kepada anak seumuran itu. Jadi hampir tidak ada kendala nantinya," ujar Asril.

Juru bicara Satgas Covid-19 Pelalawan ini mengharapkan kerjasama dari orangtua murid dalam merealisasikan vaksinasi anak ini.

Di beberapa daerah terkendala terkait persetujuan orangtua. Pemda meminta agar masyarakat lebih terbuka akan program vaksinasi bagi anak tersebut.

( Tribunpekanbaru.com / Johannes Wowor Tanjung )

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved