Breaking News:

Berita Riau

1.883 Ekor Sapi Bantuan Pemprov Riau Segera Dibagikan Kepada 296 Kelompok Tani di Riau

Pengadaan bantuan sapi ini sudah memasuki proses lelang di Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE), Biro Pengadaan Barang dan Jasa Setdaprov Riau

Penulis: Syaiful Misgio | Editor: CandraDani
Tribun Pekanbaru/Doddy Vladimir
Peternakan sapi di Kecamatan Kulim, Pekanbaru. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Pemerintah Provinsi Riau tahun ini akan memberikan bantuan 1.883 ekor sapi untuk kelompok peternak di Provinsi Riau.

Saat ini pengadaan bantuan sapi ini sudah memasuki proses lelang di Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE), Biro Pengadaan Barang dan Jasa Setdaprov Riau.

"Iya bantuan untuk kelompok ternak sudah tayang di LPSE," kata Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Provinsi Riau, Herman, Kamis (13/1/2022).

Bantuan ribuan sapi tersebut dialokasikan di Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Riau tahun 2022 sebesar Rp20,9 miliar.

Anggaran tersebut untuk pengadaan 1.883 ekor sapi, dengan rincian 269 ekor sapi jantan, dan 1.614 ekor sapi betina.

"Sapi itu nanti diserahkan kepada 269 kelompok ternak di 12 kabupaten/kota se Riau. Masing-masing kelompok akan menerima 7 ekor sapi, dengan rincian 6 sapi betina dan 1 sapi jantan," ujarnya.

Herman menjelaskan, 269 kelompok ternak yang akan menerima bantuan sapi dari Pemprov Riau tersebut terdiri dari 47 kelompok dari Kabupaten Kuansing, 42 Indragiri Hulu, 29 Indragiri Hilir, 12 Pelalawan, 30 Kampar, 24 Siak, 6 Rokan Hulu, 43 Bengkalis, 35 Rokan Hilir dan 1 kelompok dari Pekanbaru.

"Untuk pengadaan sapi kita pilih jenis sapi Madura. Dan kita sudah cek langsung peternak sapi di pulau Jawa. Kita ingin memastikan ketersediaan sapi ada, makanya kita curi star agar ketersediaan aman," katanya.

Herman menjelaskan, bantuan sapi Pemprov Riau tahun 2022 ada sebanyak 1.883 ekor.

Sapi tersebut akan di distribusikan kepada 269 kelompok ternak di 12 kabupaten/kota se Riau.

"Jadi masing-masing kelompok ternak akan mendapat bantuan sebanyak 7 ekor sapi, dengan rincian 6 ekor sapi betina dan 1 sapi jantan. Sedangkan total anggaran yang kita siapkan untuk pengadaan sapi itu sekitar Rp20 miliar lebih," katanya. (Tribunpekanbaru.com/Syaiful Misgio)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved