Breaking News:

Berita Siak

28 Penghulu Kampung Baru se Kabupaten Siak Terima Pembekalan Tugas

Sebanyak 28 penghulu kampung mengikuti pembekalan tugas di aula kantor bupati Siak, Kamis (13/1/2022).

Penulis: Mayonal Putra | Editor: Ariestia
Pemkab Siak
Bupati Siak Alfedri didampingi Plt Kepala PMK Siak L Budhi Yuwono dalam memberikan pembekalan tugas kepada 28 orang penghulu kampung di aula kantor bupati Siak, Kamis (13/1/2021). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, SIAK - Sebanyak 28 penghulu kampung mengikuti pembekalan tugas di aula kantor bupati Siak, Kamis (13/1/2022).

Penghulu kampung tersebut merupakan orang baru yang telah dilantik pada 29 Desember 2021 kemarin.

Pembekalan ini dilaksanakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) Kabupaten Siak. Tujuannya memberikan pemahaman dan gambaran kinerja sehingga sinergi dengan program Pemkab Siak.

Plt Kepala DMPK Siak L Budhi Yuwono menjelaskan, pihaknya mempunyai program pembekalan bagu penghulu kapung baru. Apalagi penghulu-penghulu tersebut belum berpengalaman memimpin kampung selama ini.

“Pembekalan ini diharapkan penghulu dapat melaksanakan tugas-tugasnya dengan baik, mempunyai pandangan yang sama dalam membuat program dengan program Pemkab Siak,” kata dia.

Pembekalan itu juga menitik beratkan pada pemahaman materi, tugas pokok dan fungsi serta kewenangan. Penghulu kampung diharuskan mampu membangun sinergitas dengan pemerintah kecamatan, antar kampung dan kanupaten.
Kemudian, penghulu juga mampu bersinergi dengan seluruh komponen kelembagaan pemerintahan dan kemasyarakatan, baik yang ada di kampung maupun di kabupaten.

"Sehingga apa yang menjadi tanggungjawab dan tugas pemerintah dalam mensejahterakan masyarakat, menyelenggarakan pemerintahan masyarakat dan pembangunan di wilayah kabupaten Siak dapat bersinergi dan berjalan dengan baik,” ucapnya.

Kegiatan pembekalan itu dibuka oleh Bupati Siak Alfedri. Dalam sambutannya, ia mengatakan tujuan pembekalan, agar mempermudah penghulu dalam menjalankan tugas, terutama yang baru pertama menjabat sebagai penghulu.

Di hadapan para Penghulu ia berpesan agar penghulu cepat tanggap dalam setiap persoalan warganya. Terutama cepat tanggap terhadap persoalan pandemi Covid-19 di setiap kampung.

"Covid ini musuh kita, kita harus menang melawannya. Saya rasa semua sudah paham, tinggal komitmen kita untuk mengatasi Covid ini, sebab sudah mulai banyak yang terpapar varian baru omicron termasuk di Riau,” ujarnya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved