Breaking News:

Borok di Kemenhan RI Diselidiki Kejagung, Kerugian Negara Ratusan Miliar

Kerugian tersebut muncul seteah Kemenhan RI melakukan pengadaan satelit pada 2015 silam. Namun, satelit tersebut akan digunakan pada tahun 2016.

istimewa
Proyek pengadaan satelit di Kemenhan RI bakal diungkap Kejagung RI 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Kementerian Pertahanan (Kemenhan) RI menjadi sasaran penyidikan oleh Kejaksaan Agung RI.

Adapun kasus yang bakal diungkap oleh Kejagung RI adalah pengadaan satelit slot orbit 123 derajat Bujur Timur dalam proyek satelit komunikasi pertahanan di Kemenhan.

Proyek pengadaan tersebut membuat negara mengalami kerugian hingga ratusan miliar.

Jaksa Agung ST Burhanuddin mengatakan, adapun kasus yang diselidiki adalah pengadaan satelit slot orbit 123 derajat Bujur Timur.

"Kami sudah melakukan penelitian dan pendalaman atas kasus ini, dan sekarang sudah hampir mengerucut. Insya Allah dalam waktu dekat perkara ini naik ke penyidikan," ujar Burhanuddin dalam konferensi pers di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Kamis (13/1/2022).

Penyelidikan kasus yang pengadaannya dilaksanakan pada tahun 2015 ini, sebut Jaksa Agung, telah dilakukan dalam beberapa tahun ke belakang. 

Dari hasil penyelidikan, Burhanuddin mengatakan, Kejaksaan Agung telah mengantongi bukti yang cukup kuat untuk meningkatkan status hukum perkara ini.

"Insya Allah dalam satu dua hari kami akan tindaklanjuti ini dan memang dari hasil penyelidikan cukup bukti untuk kami tingkatkan ke penyidikan," kata Burhanuddin.

Kendati demikian, ia mengaku, belum dapat membeberkan pihak mana saja yang terlibat dalam persoalan proyek pengadaan ini.

"Ini masih masi pendalaman, artinya kami belum menentukan, penyidikan baru akan ditentukan sehari dua hari ini ya," ungkap Burhanuddin.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved