Breaking News:

Operasi Intelijen Iran di Israel Bocor, Mata-mata Mereka Ditangkap, 4 di Antaranya Wanita

Operasi intelijen Iran gagal di Israel, mata-mata mereka berhasil diamankan.

Penulis: M Iqbal | Editor: Ilham Yafiz
JACK GUEZ / AFP
Ilustrasi 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Operasi intelijen Iran gagal di Israel, mata-mata mereka berhasil diamankan.

Dinas keamanan Israel, Shin Bet, mengatakan telah menangkap jaringan mata-mata Iran yang terdiri dari empat wanita dan satu pria.

Diberitakan Rusia Today, Jumat (14/1/2022), semuanya warga negara Israel asal Iran yang mengumpulkan informasi sensitif dengan imbalan uang.

Para tersangka dituduh memberi seorang agen intelijen Iran foto-foto berbagai situs strategis di Israel, dengan Konsulat AS di Tel Aviv di antaranya.

Anggota jaringan juga dikatakan telah berusaha untuk menjalin kontak dengan politisi Israel atas permintaan pawang Iran mereka, yang menyamar sebagai seorang pria Yahudi yang tinggal di Iran, dan menggunakan nama Rambod Namdar.

Menurut media Israel, kelima orang yang terlibat dalam kegiatan kriminal tersebut adalah imigran Yahudi dari Iran atau keturunan imigran Iran juga.

Namdar diduga pertama kali berhubungan dengan wanita Israel di Facebook, kemudian beralih ke layanan pesan WhatsApp.

Para tersangka semuanya didakwa di Pengadilan Distrik Yerusalem selama sebulan terakhir.

Pengacara mereka berargumen bahwa para wanita itu tidak mengetahui identitas asli Namdar dan tidak berniat merusak keamanan Israel.

Shin Bet, bagaimanapun, bersikeras setidaknya beberapa tersangka telah diberi alasan yang cukup untuk mencurigai sahabat pena mereka bukanlah orang yang dia klaim.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved