Breaking News:

Berita Rohul

Akses Keluar Masuk Wilayah Perbatasan Rohul Akan Diperketat, Ini Sebabnya

Akses keluar masuk Rohul rencananya akan diperketat. Polres akan melakukan pembatasan.

Penulis: Syahrul | Editor: Ariestia
Istimewa
Akses keluar masuk Rohul rencananya akan diperketat. Polres akan melakukan pembatasan. FOTO: Suasana vicon bersama Gubri bahas strategi hadapi bahaya Omicron di Rohul 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PASIRPANGARAIAN - Akses keluar masuk Rohul rencananya akan diperketat.

Hal ini sebagai upaya mengendalikan masuknya Covid-19 varian Omicron di wilayah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul).

Wakil Bupati Rokan Hulu (Rohul) H Indra Gunawan bersama Tim Satgas Penanganan Covid-19 Rohul mengikuti arahan Gubernur, Wagub dan Forkompinda Riau secara Virtual, di Ruang Vidcon Diskominfo Rohul, Selasa (18/1/2021) lalu.

Wabup menjelaskan, dalam arahannya Gubri Syamsuar mengatakan beberapa cara untuk mengantisipasi penularan varian omicron yang telah masuk ke tanah air.

Provinsi Riau sudah siap dengan kemungkinan jika terjadi lonjakan kasus di Bumi Lancang Kuning ini.

Upaya yang telah dilakukan ialah mempersiapkan rumah sakit rujukan, tempat isolasi mandiri terpadu, rekam medis, oksigen, hingga obat-obatan.

"Oleh karena itu kita mempersiapkan ini semua, jika terjadi peningkatan kasus di daerah-daerah, kita sudah siap," kata Wabup menjelaskan arahan Gubri dalam rapat virtual tersebut pada Rabu (19/1/2022).

"Untuk oksigen, telah disiapkan oleh Satgas yang telah ditunjuk bekerjasama dengan perusahaan penyedia oksigen di wilayah Riau," tambahnya.

Usai Rapat Satgas Covid-19, Wakil Bupati Rohul H. Indra Gunawan mengatakan sesuai arahan dari gubernur saat rapat koordinasi secara virtual, Tim Satgas Covid-19 Rohul untuk mencegah masuknya Covid-19 varian Omicron akan menjalin sinergi seluruh elemen dan meningkatkan vaksinasi.

“Setelah vaksinasi pertama mencapai target. Kedepannya perlu ditingkatkan vaksinasi ke 2, Vaksinasi anak umur 6 sampai 11 tahun perlu kita kejar target karena vaksinasi kedua Rohul kita masih jauh ketertinggalan,” ujarnya.

Untuk 15 hari kedepan, lanjuta Wabup, Pemkab bekerja sama dengan TNI Polri dan seluruh jajaran yang ada di Kabupaten Rokan Hulu ini termasuk tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan tokoh agama bekerja sama untuk mengejar vaksinasi.

Terkait kesiapan Pemkab antisipasi meningkatnya varian omicron, Pemkab Rohul suah siapkan rumah sakit rujukan, isolasi mandiri terpusat estimasinya bisa menampung 100 tempat tidur.

Sementara itu, Kapolres Rohul AKBP Eko Wimpiyanto Hardjito SIK mengatakan, untuk mengantisipasi masuknya varian Omicron di Rohul, pihaknya akan melakukan pembatasan di wilayah perbatasan di Rohul seperti Tambusai Utara dengan Sumut dan termask dengan di daerah perbatasan Rokan IV Koto dengan Sumatera Barat.

“Sehingga nantinya antisipasi omicron yang diprediksi bulan Februari akan meningkat bisa kita antisipasi salah satunya adalah dengan pengetatan akses masuk dan percepatan vaksinasi. Didaerah perbatasan diperketat, kita lakukan tracing dan testing di beberapa lokasi yang sudah kita tentukan untuk pintu-pintu masuk kita mengantisipasi dari daerah provinsi tentangga seperti Sumut,” katanya

Terkait penerapan Prokes, Kapolres menegaskan bersama-sama dengan Satpol PP akan meningkatkan kekuatan dengan melakukan Operasi Yustisi dalam rangka untuk menumbuhkan kedisiplinan warga untuk melaksanakan Prokes. (Tribun Pekanbaru/Syahrul Ramadhan)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved