Breaking News:

Harga Sawit di Riau Anjlok

BREAKING NEWS: TBS Sawit Anjlok,Harga Pupuk Mencekik,Petani di Riau Menjerit Minta Ini ke Pemerintah

Petani berharap anjloknya harga ini harus dibarengi dengan turunnya harga pupuk yang masih melambung tinggi

Penulis: Nasuha Nasution | Editor: Nurul Qomariah
Istimewa
Ilustrasi. TBS kelapa sawit anjlok, harga pupuk mencekik, petani di Riau menjerit. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Harga Tandan Buah Segar (TBS) Kelapa sawit di Indonesia anjlok tentunya dampaknya langsung dirasakan para petani sawit di Riau.

Petani berharap anjloknya harga ini harus dibarengi dengan turunnya harga pupuk yang masih melambung tinggi.

Syahroni petani sawit di Rokan Hulu (Rohul mengaku tidak masalah harga sawit turun 25 persen dari harga biasanya, namun harus dibarengi dengan turunnya harga pupuk.

"Kalau harga sawit turun harusnya harga pupuk juga diturunkan dong, jangan hanya sepihak saja,"ujar Syahroni kepada Tribunpekanbaru.com Minggu (30/1/2022).

Menurut Syahroni harga saat ini jangan sampai diturunkan lagi, karena akan mencekik para petani nantinya, apalagi selama ini petani sudah mulai nyaman dengan harga selama ini.

"Kami petani ini tidak pernah diuntungkan, bayangkan pupuk mahal, perawatan mahal yang untung itu tetap pemodal besar,"ujarnya.

Selain Syahroni warga Rokan Hulu lainnya Mansyah juga mengaku terkejut dengan anjloknya harga TBS di daerahnya, menurutnya ini memang kebijakan yang tidak berpihak kepada petani.

"Kami petani sawit kecil ini mahal pun sawit tapi perawatan dan pupuk juga mahal, jadi kami tidak merasakan dampaknya selama ini, paling untuk memenuhi kebutuhan hidup kami saja,"ujar Mansyah.

Sebagaimana diketahui, Harga Tandan Buah Segar (TBS) Kelapa sawit di Riau sejak Sabtu (29/1/2022) anjlok Rp1000 per kilogramnya.

Hal ini diduga disebabkan kebijakan pemerintah untuk stabilkan harga minyak goreng.

Persoalan ini menjadi persoalan serius bagi petani sawit di Riau.

Pasalnya selain anjloknya harga sawit dengan cepat, tidak dibarengi juga dengan turunnya harga produksi yakni pupuk sebagaimana kebutuhan para petani.

Menurut informasi yang didapat Tribunpekanbaru.com dari sebuah pabrik kelapa sawit di Rokan Hulu, harga yang ditetapkan Pabrik Kelapa Sawit (PKS) ini turun Rp1.000 dari biasanya untuk semua umur.

Seperti untuk harga TBS di usia di atas 10 tahun yang biasanya menjadi harga utama di pabrik tersebut dari biasanya Rp3.130 turun menjadi Rp2.130, terjadi penurunan Rp1.000.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved