Breaking News:

Berita Riau

Hanya 2 Warga Tionghoa di Riau yang Dapat Remisi di Hari Raya Imlek, Ini Kasusnya

Hari Raya Imlek di tahun 2022 ini, hanya 2 orang narapidana warga Tionghoa penghuni cabang lapas atau rutan di Riau yang mendapat remisi khusus

Penulis: Rizky Armanda | Editor: Nurul Qomariah
Freepik
Ilustrasi. Hanya 2 warga Tionghoa di Riau yang dapat remisi di Hari Raya Imlek. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Pada Hari Raya Imlek di tahun 2022 ini, hanya 2 orang narapidana warga Tionghoa penghuni cabang lapas atau rutan di Riau yang mendapat remisi khusus, atau pengurangan masa hukuman penahanan.

Berdasarkan lampiran keputusan Menteri Hukum dan HAM RI, Nomor: PAS-146.PK.01.05.05 Tahun 2022 tanggal 1 Februari 2022 yang diterima Tribunpekanbaru.com, besaran remisi yang diberikan kepada kedua narapidana itu sama, yakni 1 bulan 15 hari.

Surat lampiran keputusan ini atas nama Menteri Hukum dan HAM, yang ditandatangani secara elektronik oleh Dirjen Pemasyarakatan, Irjen Pol Reynhard Saut Poltak Silitonga.

"Tahun 2022 cuma 2 orang saja warga binaan pemasyarakatan Tionghoa kita yang mendapat remisi," kata Humas Kanwil Kemenkumham Riau, Koko, Selasa (1/2/2022).

Dirincikan Koko, dua orang narapidana warga Tionghoa yang mendapat remisi itu, masing-masing merupakan penghuni Lapas Kelas IIA Bagan Siapi-api, Rohil dan Lapas Kelas IIA Bengkalis.

"Untuk di Lapas Bagan Siapi-api, warga binaan pemasyarakatan penerima remisi bernama Dirman bin Soliong ML, dan untuk di Lapas Bengkalis, warga binaan pemasyarakatan penerima remisi bernama Jeri alias Alung bin Andri Bahi," urainya.

Diungkapkan Koko, kedua narapidana yang menerima remisi ini, terjerat kasus narkotika.

Remisi yang didapatkan narapidana, merupakan apresiasi pemerintah dalam bentuk reward atau hadiah berupa pengurangan masa hukuman.

Ini juga sebagai wujud pembinaan yang diharapkan dapat menyemangati seluruh warga binaan agar tetap konsisten dalam memperbaiki diri, sehingga dapat kembali berintegrasi kepada masyarakat.

Pemberian remisi diharapkan bisa menjadi pemicu para narapidana untuk tetap bersikap dan berperilaku baik serta senantiasa menaati tata tertib.

Untuk diketahui, jumlah penghuni 16 Cabang Lapas dan Rutan yang ada di Riau per tanggal 31 Desember 2021, adalah sebanyak 13.342 orang.

( Tribunpekanbaru.com / Rizky Armanda )

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved