Breaking News:

ADVERTORIAL

VIDEO: Hari Jadi ke-72, Kampar Berkembang Pesat, Vaksin Tuntas, Warga Sehat & Ekonomi Bangkit

Pujian disampaikan oleh Gubernur Riau dari dua generasi pada Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kampar dengan agenda Memperingati Hari Jadi Kampar

Penulis: Fernando | Editor: David Tobing

KAMPAR - Kampar genap berusia 72 tahun pada Minggu (6/2/2022). Kemajuan Kampar saat ini diapresiasi. Kampar telah berkembang pesat di usianya yang tidak muda lagi. 

Pujian disampaikan oleh Gubernur Riau dari dua generasi pada Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kampar dengan agenda Memperingati Hari Jadi Kabupaten Kampar ke-72 tahun. Gubernur Riau 1998-2003, Saleh Djasit yang pernah menjabat Bupati Kampar dua periode 1986-1991 dan 1991-1996. Serta Gubernur sekarang, Syamsuar. 

Saleh Djasit memberi pujian berdasarkan perkembangan Kampar sekarang, dari saat dirinya menjabat Bupati. "Dulu saya kalau di jalan raya, hanya saya yang pakai mobil. Padahal jalannya bagus. Sekarang, jalan sudah ramai," katanya. 

Ia juga bercerita saat tinggal di Rumah Dinas. Dahulu Rumah Dinas yang berlokasi di Jalan Prof. M. Yamin, disebut dengan pendopo. "Dulu di sekeliling pendopo sepi. Apalagi di depan ada Pohon Beringin sangat besar," kisahnya. 

Menurut Saleh, Kampar sudah mengalami perkembangan yang luar biasa. Perekonomian masyarakat tumbuh. 

Pada kesempatan itu, ia mengaku tersanjung atas undangan Bupati Catur Sugeng Susanto untuk hadir dan memberi sambutan pada Rapat Paripurna. Ia kaget karena Bupati Catur datang langsung ke rumahnya untuk bersilaturahmi dan menyampaikan undangan. 

Gubernur Syamsuar juga mengapresiasi pembangunan di Kabupaten Kampar. Apresiasi itu diperlihatkan dari alokasi anggaran pada Pemerintah Provinsi Riau untuk pembangunan Kampar. 

"Apresiasi dan dukungan dengan mengalokasikan anggaran infrastruktur, pendidikan, beasiswa, kesehatan, pertanian, bantuan keuangan melalui kecamatan dan desa, bantuan rumah layak huni dan pengembangan pariwisata," papar Syamsuar.

Peringatan Hari Jadi tahun ini diklaim lebih istimewa dari sebelumnya. DPRD Kampar mencatat Syamsuar adalah gubernur pertama yang menghadiri Rapat Paripurna Hari Jadi secara langsung. 

Bupati Kampar, Catur Sugeng Susanto menyebutkan, Hari Jadi tahun ini mengusung tema "Vaksin Tuntas, Kampar Sehat, Ekonomi Bangkit". Menurut dia, tema ini bermakna sangat dalam.

Lewat tema ini, kata dia, Pemkab Kampar ingin menunjukkan bahwa hantaman Pandemi COVID-19 amat serius untuk dikalahkan. "Sekaligus menjadi komitmen kita mengalahkan pandemi agar ekonomi masyarakat bangkit," tandas Catur. 

Di hadapan forum Rapat Paripurna, Catur memaparkan berbagai prestasi menonjol yang diraih Pemkab Kampar di tingkat nasional. Prestasi masih dapat diraih di tengah goncangan pandemi COVID-19 yang diikuti dengan pengurangan anggaran. 

Prestasi teranyar adalah Penganugerahan Predikat Terbaik se-Indonesia Kepatuhan Standar Pelayanan Publik Tahun 2021. Penganugerahan ini dari Ombudsman Republik Indonesia. 

Kampar juga meraih Anugerah Pesona Indonesia (API) tahun 2021 untuk Objek Wisata Arung Sungai Kopu di Desa Tanjung Kecamatan Koto Kampar Hulu. Tahun sebelumnya, Juara Pertama API Award Tahun 2020 untuk Objek Wisata Batu Tilam, Kecamatan Kampar Kiri Hulu. 

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved