Breaking News:

Harga TBS Sawit Riau Turun Tipis

Pekan Ini Harga TBS Sawit Riau Turun Tipis, Pekan Lalu di Rohul Masih Tinggi

Sempat anjlok dan naik kembali, pekan ini harga TBS sawit di Riau turun tipis.Sementara harga di Kabupaten Rohul pada pekan lalu masih tinggi

Penulis: Syahrul | Editor: Nurul Qomariah
ISTIMEWA
Plt Kabid Prasarana, Sarana dan Penyuluhan Disnakbun Rohul Samsul Kamar S.Hut M.Si. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, ROHUL - Sempat anjlok dan naik kembali, pekan ini harga TBS sawit di Riau turun tipis.

Harga TBS kelapa sawit Riau untuk kelompok umur 10 - 20 tahun menjadi Rp 3.606,49 per kilogramnya atau turun sekitar 0,42 persen dari minggu lalu.

Sementara harga di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) pada pekan lalu masih tinggi.

Demikian diungkapkan Kepala Dinas Peternakan dan Perkebunan Rohul, CH Agung Nugroho melalui Plt Kepala Bidang (Kabid) Prasarana, Sarana dan Penyuluhan Disnakbun Rohul Samsul Kamar S.Hut M.Si.

Ia menyampaikan harga TBS di Provinsi Riau masih terbilang normal.

Diakui Samsul, memang dalam beberapa waktu yang lalu tepatnya diantara tanggal 26 Januari hingga 1 Februari 2022, harga TBS Sawit di Riau terkhusus di Kabupaten Rokan Hulu mengalami penurunan namun tidak signifikan.

"Memang untuk harga TBS dalam beberapa minggu belakangan terdapat pergejolakan di beberapa PKS yang ada di Kabupaten Rokan Hulu,” kata Samsul.

“Pada tanggal 31 Januari 2022 harga TBS sawit berkisaran di angka Rp 2.300 hingga Rp 2.900," imbuhnya.

Dijelaskan Samsul bahwa menurunnya harga TBS sawit di beberapa wilayah terkhusus Kabupaten Negeri Seribu Suluk dikarenakan adanya salah salah tafsir dari para pengusaha kelapa sawit terhadap Kebijakan dari Kementerian Perdagangan terkait impelemtasi Domestic Market Obligation (DMO) dan Domestic Price Obligation (DPO).

"Dalam mekanisnya, kebijakan DMO sebesar 20 persen atau kewajiban pasok ke dalam negeri berlaku wajib untuk seluruh eksportir yang menggunakan bahan baku CPO,” ulasnya.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved