Breaking News:

Awal Bros Hadirkan Layanan Alarm Center, Bantu Pasien yang Perlu Pertolongan Kegawatdaruratan Medis

Awal Bros kini menghadirkan layanan baru, yakni Alarm Center, untuk membantu pasien yang butuh pertolongan kegawatdaruratan medis.

Penulis: Alex | Editor: Ariestia
Istimewa
Kapolda Riau, Irjen Pol Muhammad Iqbal bersama Chief Executive Office Rumah Sakit Awal Bros Pekanbaru, Arfan Awaloeddin dan Asisten I Setdaprov Riau, Masrul Kasmy saat melepas mobil ambulance EMS saat peluncuran Program Alarm Center dari RS Awal Bros, di RS Awal Bros Jalan Jenderal Sudirman, Pekanbaru, Kamis (17/2/2022). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Untuk memberikan membantu korban yang membutuhkan pertolongan kegawatdaruratan medis, Awal Bros kini menghadirkan layanan baru, yakni Alarm Center, untuk membantu pasien yang terkena serangan jantung, stroke, kecelakaan lalulintas, kecelakaan kerja ataupun kejadian yang tidak diharapkan lainnya.

Layanan tersebut baru saja dilaunching pada Kamis (17/2/2022), yang berlokasi di Rumah Sakit Awal Bros Sudirman Pekanbaru, yang turut dihadiri Asisten 1 Pemprov Riau, Masrul Kasmy, Kapolda Riau, Irjen Pol M Iqbal, S.I.K, M.H, CEO RS Awal Bros Ir Arfan Awaloeddin MARS, serta tamu istimewa yaitu Founder layanan 118 yang juga menjadi konsultan layanan EMS RS Awal Bros, yaitu Prof Dr dr Aryono D Pusponegoro Sp B KBD FCSI FRCSED-Ad Hom.

Asisten 1 Pemprov Riau, Masrul Kasmy saat melakukan pemasangan rompi EMS kepada Kepala layanan Emergensi RS Awal Bros, dr Kristina Agustini Sp EM
Asisten 1 Pemprov Riau, Masrul Kasmy saat melakukan pemasangan rompi EMS kepada Kepala layanan Emergensi RS Awal Bros, dr Kristina Agustini Sp EM (Istimewa)

CEO RS Awal Bros Group, Ir Arfan Awaloeddin, MARS mengatakan keadaan gawat darurat dapat terjadi pada siapapun, kapanpun, dan dimanapun. Hal ini membutuhkan penanganan segera yang tepat dan akurat agar tak berakibat kecacatan permanen atau kematian.

Waktu dan kecepatan mendapatkan akses pelayanan menjadi unsur utama pada peristiwa gawat darurat. Sayangnya, tidak semua orang mengetahui bagaimana cara yang cepat mendapatkan bantuan medis segera.

"Oleh karena itu, RS Awal Bros di awal tahun 2022 kembali meluncurkan layanan baru, yakni emergency medical service atau layanan medis gawat darurat yang merupakan suatu sistem layanan yang bertujuan memberikan akses bagi orang yang sedang mengalami kondisi medis gawat darurat, untuk memperoleh pertolongan pertama yang tepat, upaya resusitasi dan stabilisasi sedini mungkin dengan dukungan anggota tim yang terlatih dan peralatan yang terstandarisasi," kata Arfan.

Dikatakannya, dengan sistem yang dikembangkan oleh Awal Bros EMS, pertolongan pertama sudah mulai diberikan dalam bentuk panduan audio oleh Dispatcher selagi tim diluncurkan ke lokasi kejadian.

"Setelah upaya resusitasi dan stabilisasi oleh tim medis yang tiba di lokasi, pasien akan ditransfer ke RS Awal Bros untuk mendapatkan penanganan definitif oleh tim dokter spesialis yang handal sesuai dengan kebutuhan pasien," ulasnya.

Sementara itu, Kepala layanan Emergensi RS Awal Bros, dr Kristina Agustini Sp EM mengatakan, layanan EMS serta memperkenalkan ambulance khusus yang digunakan untuk memberi bantuan dan pertolongan kepada korban. Ambulance EMS dilengkapi peralatan penunjang hidup seperti mesin ventilator, monitor, alat pacu jantung dan alat-alat medis lainnya.

"Sehingga masyarakat tidak perlu khawatir untuk mendapatkan akses pelayanan kegawat daruratan yang cepat dan tepat. Layanan Awal Bros Emergency Medical Service hadir untuk memberikan pertolongan kepada yang membutuhkan," ujarnya.

Dia menambahkan, untuk mendapatkan layanan tersebut, masyarakat dapat menghubungi nomor telpon 1500088, dan tim Awal Bros EMS akan siap membantu anda memberikan pelayanan kegawat daruratan.

"Dengan sistem layanan ini kami berharap akan semakin meningkatkan hasil luaran pelayanan kami kepada semua masyarakat. Awal Bros EMS merupakan perwujudan komitmen RS Awal Bros terhadap mutu layanan dan keselamatan pasien," imbuhnya.

Kepala layanan Emergensi RS Awal Bros, dr Kristina Agustini Sp EM  sedang memberikan keterangan mengenai mobil ambulance kepada Kapolda Riau, Irjen Pol Muhammad Iqbal
Kepala layanan Emergensi RS Awal Bros, dr Kristina Agustini Sp EM sedang memberikan keterangan mengenai mobil ambulance kepada Kapolda Riau, Irjen Pol Muhammad Iqbal (Istimewa)

Kapolda Riau, Irjen Pol M Iqbal, S.I.K, M.H yang juga turut hadir dan memberikan sambutan dalam kesempatan itu juga menyempatkan untuk melakukan simulasi, dengan menghubungi nomor 1500088 tersebut.

Dengan sigap, petugas yang tidak mengetahui kalau yang menghubungi itu adalah Kapolda Riau, langsung dengan cepat enyampaikan beberapa pertanyaan, mulai dari keluhan, kondisi, hingga ke alamat penjemputan.

"Ini merupakan layanan yang luar biasa dilakukan oleh Awal Bros, dan akan banyak masyarakat terbantu dengan adanya layanan ini," ujar Kapolda saat memberikan sambutan.

Kegiatan launching itu juga ditandai dengan pelepasan 7 unit ambulance yang sudah disiapkan, untuk berkeliling sesaat, yang dimulai dari RS Awal Bros Pekanbaru. (Tribunpekanbaru.com/Alexander)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved