Breaking News:

Video Berita

VIDEO: Layanan di Kantor BPN Pekanbaru, Warga Wajib Sertakan Kartu BPJS Kesehatan

"Jadi kita sudah terapkan kebijakan tersebut terhitung hari ini, khusus untuk pengurusan balik nama peralihan hak jual beli," terang Kepala BPN Pekanb

Penulis: Fernando | Editor: David Tobing

TRIBUNPEKANBARU.COM,PEKANBARU- Masyarakat harus menyertakan kartu BPJS Kesehatan saat hendak transaksi jual beli tanah. Kartu jaminan kesehatan itu menjadi satu syarat dalam mengurus peralihan pendaftaran hak atas tanah.

Kebijakan ini mulai berlaku terhitung, Selasa (1/3/2022). Masyarakat yang mengurus peralihan pendaftaran hak atas tanah di Badan Pertanahan Nasional (BPN) Pekanbaru harus menyertakan kartu BPJS Kesehatan.

Sejumlah masyarakat pun sudah melampirkan syarat tersebut. Mereka melampirkan kartu BPJS Kesehatan untuk pengurusan balik nama peralihan hak jual beli.

"Jadi kita sudah terapkan kebijakan tersebut terhitung hari ini, khusus untuk pengurusan balik nama peralihan hak jual beli," terang Kepala BPN Pekanbaru, Memby Untung Pratama kepada Tribunpekanbaru.com, Selasa siang.

Menurutnya, saat ini pengurusan di BPN yang wajib melampirkan kartu BPJS Kesehatan hanya saat mengurus peralihan pendaftaran hak atas tanah. Ia mengatakan bahwa saat ini sudah ada yang mengurus peralihan pendaftaran hak atas tanah.

Mereka sudah melampirkan kartu BPJS saat melakukan pengurusan dokumen tersebut. Ia memastikan bahwa penambahan persyaratan tidak mengubah skema pada proses jual beli tanah.

Dirinya mengimbau aga masyarakat tidak perlu khawatir dengan penambahan syarat ini. Ia mengatakan bahwa mulai hari ini ada petugas dari BPJS Kesehatan membuka loket khusus selama satu pekan di Kantor BPN Pekanbaru.

Petugas tersebut nantinya membantu pemeriksaan terhadap kartu BPJS Kesehatan dari masyarakat yang hendak mengurus peralihan pendaftaran hak atas tanah. Mereka nanti bisa memeriksa kartu tersebut aktif atau tidak.

"Mereka nantinya membantu untuk memastikan kartu tersebut aktif atau tidak," ujarnya.

Pihaknya juga memastikan kenyamanan bagi masyarakat selama mengakses layanan di BPN Pekanbaru. Ada tersedia ruang baca bagi masyarakat yang menanti antrean di kantor tersebut.

Transaksi jual beli tanah wajib menyertakan kebijakan kartu BPJS Kesehatan. Kebijakan ini tertuang dalam Instruksi Presiden (Inpres) No.1 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang ditandatangani Presiden RI, Joko Widodo. 

Instruksi ini kepada berbagai kementerian untuk mengambil langkah-langkah sesuai tugas, fungsi, dan kewenangan masing-masing dalam rangka optimalisasi program Jaminan Kesehatan Nasional.

( Tribunpekanbaru.com/Fernando Sikumbang)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved