Breaking News:

Harga TBS Sawit Naik

Harga Sawit Melejit, Petani di Riau Borong Emas Meski Sedang Mahal, Dealer Mobil Juga Laris Manis

Tingginya harga sawit membuat pundi-pundi keuangan para petani dan pengusaha perkebunan di Riau menjadi melejit

Penulis: Alex | Editor: Nurul Qomariah
SHUTTERSTOCK
Ilustrasi perhiasan emas. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Tingginya harga sawit membuat pundi-pundi keuangan para petani dan pengusaha perkebunan di Riau menjadi melejit.

Tidak sedikit di antara mereka yang memanfaatkan situasi tersebut untuk berinvestasi, maupun memenuhi keinginan yang sudah lama diidamkan.

Di antara investasi yang menjadi favorit adalah emas. Dengan menabungkan uang melalui investasi emas, akan memberikan banyak keuntungan, apalagi untuk jangka panjang.

Menariknya, saat ini harga emas sedang naik. Biasanya ketika harga emas naik, maka masyarakat memiliki kecenderungan untuk menjual, bukan membeli.

Apalagi beberapa waktu sebelumnya ada terjadi penurunan harga emas, membuat masyarakat akan menunggu harga turun lagi untuk berinvestasi.

Namun saat ini justru pembelian emas semakin meningkat di sejumlah toko emas.

Pengelola toko emas sendiri juga tidak bisa memprediksi mengapa justru pembelian emas meningkat saat harganya tinggi.

"Saat ini harga emas lagi naik Rp 900 ribu per gramnya. Tapi pembelian justru meningkat saat ini, ramai yang beli emas. Kita tak bisa perkirakan persentase peningkatannya juga tak tahu penyebabnya, tapi yang pastinya ini fenomena yang tidak terlalu sering terjadi," kata Izal, salah seorang karyawan toko emas di Jalan Tuanku Tambusai Pekanbaru kepada Tribunpekanbaru.com.

Dikatakan Izal, walau tidak sampai dua kali lipat peningkatannya, namun jumlahnya memang bertambah.

Biasanya dikatakannya saat emas naik, masyarakat akan menunggu untuk berinvestasi, dan justru yang banyak Biasanya adalah menjual.

Tidak hanya di kawasan Jalan Tuanku Tambusai, toko emas di Pasar Selasa Panam Pekanbaru juga terjadi hal yang sama.

Menurut salah seorang karyawan toko emas di sana, Idon, walau peningkatan tidak terlalu banyak, namun kalau dibandingkan Biasanya memang ada peningkatan jumlah pembelian emas.

"Kita nggak tahu juga karena apa, tapi memang ada peningkatan dalam beberapa waktu terakhir ini," ujarnya.

Sementara itu, jika dilihat untuk pembelian kendaraan roda empat di daerah Pekanbaru, pihak dealer juga mengakui adanya peningkatan jumlah pemesanan kendaraan dalam beberapa waktu terakhir, walaupun peningkatannya tidak terlalu signifikan.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved