Breaking News:

Berita Riau

Pengamat Politik Prediksi Tokoh Muda Potensial di Pilkada Riau 2024,Sebut Sejumlah Nama,Siapa Saja?

Tokoh muda diyakini memiliki potensi besar untuk berjaya pada Pilkada 2024 mendatang

Penulis: Nasuha Nasution | Editor: Nurul Qomariah
Istimewa
Pengamat Politik Unri Tito Handoko prediksi tokoh muda potensial dalam pilkada 2024 mendatang. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Sejumlah bakal calon mulai muncul ke permukaan untuk persiapkan diri menghadapi Pemilu dan Pilkada 2024 mendatang.

Tokoh muda diyakini memiliki potensi besar untuk berjaya pada perhelatan politik Riau mendatang.

Hal ini dijelaskan pengamat Politik Universitas Riau (Unri) Tito Handoko, ia melihat dari karakteristik pemilih 2024, mayoritas pemilih itu dari kalangan milenial dan zelenial, oleh sebab itu peluang anak muda terbuka lebar.

"Tinggal bagaimana mengemas isu-isu politik menjadi lebih menarik bagi kalangan milenial dan zelenial itu. Isu-isu politik yang lebih fresh dan tidak membosankan khas kalangan milenial dan zelenial,"ujar Tito Handoko.

Tito Handoko mencontohkan misalnya bagaimana memanfaatkan coworking space sebagai arena pengembangan inovasi, e-sport, dan lain sebagainya.

Dalam kasus Riau, sepertinya lanjut Tito Handoko, kolaborasi tua-muda atau muda- tua akan lebih menarik. 2024 kontestasi politik akan banyak didengungkan di ruang digital.

"So, kampanye konvensional akan tergerus, siapa yang pandai memainkan ruang itu yang paling berpeluang," ujar Tito Handoko.

Menurut Tito Handoko, untuk di Riau sendiri kalangan anak muda cukup banyak, misalnya Ustadz Syahrul Aidi, Yopi Arianto, dan juga nonpolitisi.

Terutama dua ketua partai yang cukup potensial karena masih muda yakni Agung Nugroho Ketua Demokrat Riau dan Zukri Misran sebagai Ketua PDI Perjuangan.

"Agung Nugroho dan Zukri hemat saya sangat potensial. Tapi perlu kajian, apakah tokoh-tokoh muda itu mampu bersaing dengan politisi tua,"ujar Tito Handoko.

Sementara untuk cara kampanye yang pas pada pemilu mendatang menurut Tito Handoko mix method antara kampanye luar ruang dan kampanye digital akan sangat efektif.

"Kampanye luar ruang menyasar masyarakat pedesaan. Kampanye digital menyasar masyarakat perkotaan,"jelasnya.

Komposisi pemilih muda - tua dan kota - desa mesti dipetakan dengan baik oleh para kontestan.

Sejumlah nama politisi tua yang juga berniat maju di Pilkada Riau 2024 di antaranya Syamsurizal Ketua PPP Riau, Achmad politisi Demokrat, Syamsuar petahana, Edi Natar Nasution dan beberapa nama lainnya.

( Tribunpekanbaru.com / Nasuha Nasution )

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved