Breaking News:

DPRD Pekanbaru

Sah! Sabarudi Gantikan Hamdani Sebagai Ketua DPRD Pekanbaru, Pimpinan DPRD: Selamat. . .

DPD PKS Kota Pekanbaru, telah mengambil kebijakan mengganti Hamdani dengan Muhammad Sabarudi sebagai Ketua DPRD Kota Pekanbaru

Penulis: Syafruddin Mirohi | Editor: Nurul Qomariah
Tribun Pekanbaru/Nasuha Nasution
Ahmiyul Rauf. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - DPD PKS Pekanbaru akhirnya merilis soal pergantian Ketua DPRD Pekanbaru, Rabu petang (16/3/2022).

Dalam rilis yang diterima Tribunpekanbaru.com dari Ketua PKS Ahmiyul Rauf, menjelaskan, bahwa DPD PKS Kota Pekanbaru, telah mengambil kebijakan mengganti Hamdani dengan Muhammad Sabarudi sebagai Ketua DPRD Kota Pekanbaru.

Keputusan ini diambil PKS Pekanbaru, demi terciptanya kondisi Pemerintahan Kota Pekanbaru yang lebih baik, khususnya DPRD Kota Pekanbaru.

"Kebijakan ini diputuskan berdasarkan komunikasi politik yang dilakukan dengan berbagai pihak. Surat usulan pergantian yang dimaksud, telah disampaikan kepada pimpinan DPRD Kota Pekanbaru hari ini," kata Ahmiyul dalam rilisnya.

Sebelumnya, tiga nama sempat muncul ke publik menggantikan Hamdani, yakni Yasser Hamidy dan Isa Lahamid.

Namun setelah dilakukan analisa dan komunikasi politik lintas partai, PKS menjatuhkan dan menunjukkan Sabarudi menggantikan Hamdani, di sisa masa jabatan periodesasi 2019-2024.

Penggantian Hamdani ini sebagai Ketua DPRD Pekanbaru, berawal dari hasil putusan BK DPRD Pekanbaru, yang merekomendasikan pemecatan Hamdani SIP sebagai Ketua DPRD Pekanbaru, Oktober 2021 lalu.

Ada beberapa pertimbangan BK, melaksanakan paripurna pemberhentian Hamdani.

Dengan 13 orang pelapor, 22 alat bukti, serta 2 saksi ahli (ahli administrasi dan ahli tata negara), BK menegaskan cukup bukti untuk memberhentikannya.

Bahkan dia dinyatakan melanggar sumpah jabatan, mementingkan kepentingan dari kelompok.

Hasil BK juga menyebutkan, Hamdani bersalah terkait pembatalan RPJMD, menganulir rapat yang sudah dijadwalkan dan disepakati bersama, serta tidak berkomunikasi dengan lintas fraksi.

Selama dia memimpin, sudah dua kali di mosi tidak percaya.

Lalu, apa tanggapan Pimpinan DPRD Pekanbaru?

Wakil Ketua DPRD Pekanbaru T Azwendi Fajri SE mengatakan, hingga Rabu sore, dirinya dan pimpinan DPRD Pekanbaru lainnya belum menerima surat tertulis dari PKS Pekanbaru, tentang penggantian Hamdani SIP, selaku Ketua DPRD Pekanbaru.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved