Breaking News:

Siaga Darurat Karhutla di Riau

Bengkalis Sudah Tetapkan Siaga Karhutla Sejak 1 Maret Lalu, Rutin Patroli di Seluruh Kecamatan

Pemerintah Kabupaten Bengkalis sudah lebih dahulu menetapkan siaga darurat Karhutla di Bengkalis sejak, Selasa (1/3/2022) lalu

Penulis: Muhammad Natsir | Editor: Nurul Qomariah
TRIBUNPEKANBARU.COM/MUHAMMAD NATSIR
Kepala Pelaksana BPBD Bengkalis Hadi Prasetyo. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, BENGKALIS - Pemerintah Kabupaten Bengkalis sudah lebih dahulu menetapkan siaga darurat Karhutla di Bengkalis sejak, Selasa (1/3/2022) lalu hingga 30 September mendatang.

Dengan penetapan status siaga darurat Karhutla Bengkalis dan dua kabupaten lainnya pemerintah Provinsi Riau akhirnya menetapkan status siaga darurat tingkat provinsi, hari ini, Selasa (23/3/2022).

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bengkalis Hadi Prasetyo mengatakan, penetapan status siaga arhutla Bengkalis merupakan yang kedua setelah Kabupaten Kepulauan Meranti lebih dahulu menetapkan status siaga Karhutla.

Menurut dia, penetapan status siaga darurat Karhutla dilakukan karena sejak awal tahun 2022 ini sejumlah titik api sering muncul di Bengkalis.

Meskipun wilayah Bengkalis sering hujan, saat kering titik api selalu muncul.

Dari data BPBD Bengkalis yang sejak awal 2022 delapan kecamatan di Bengkalis sudah beberapa kali Karhutla terjadi.

Di antaranya terjadi di Kecamatan Bengkalis, Bantan, Bukit Batu, Siak Kecil, Rupat, Rupat Utara, Bathin Solapan dan Tualang Mandau.

Luas lahan terbakar hingga saat ini seluas 66,50 hektare, lahan yang terbakar cukup luas terjadi di Kecamatan Rupat sekitar 34 hektare.

Tujuan penetapan siaga darurat ini dilakukan untuk mempermudah pihaknya mengerahkan sumber daya yang ada dari antar instansi yang terlibat dalam penanganan Karhutla di Bengkalis.

"Jadi dengan penetapan siaga ini akan mempermudah kita mengerakkan personil dalam pemadaman Karhutla antar instansi. Termasuk mempermudah bantuan dari BNPB untuk mengerahkan bantuan," terangnya, Selasa (23/3/2022).

Selama status siaga ini BPBD Bengkalis sendiri mengerahkan 92 personil yang tersebar diseluruh kecamatan.

Mereka ini dalam keadaan siaga semua melakukan patroli rutin setiap harinya di wilayah kecamatan masing-masing.

"Sejak siaga personil kita patroli setiap hari terutama di daerah yang rawan. Sepekan terakhir tidak ada ditemukan titik api sama sekali, namun belum tentu minggu depan tidak ada makanya personil rutin patroli," ujar Hadi Prasetyo.

( Tribunpekanbaru.com / Muhammad Natsir )

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved